Home / Kobar / Pemkab Kobar

Senin, 30 Maret 2020 - 17:59 WIB

Program Replanting Kebun Sawit Tertunda Akibat Virus Corona

Kamaludin

Kamaludin

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Kabupaten Kotawaringin Barat kembali mendapat jatah program replanting kebun sawit sebanyak 1.500 hektare. Namun program ini harus tertunda akibat permasalahan yang sekarang lagi melanda dunia masalah Covid 19.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar Kamaludin mengatakan, program replanting kebun sawit pernah dilakukan di tahun 2019. Program replanting juga cukup berhasil dilakukan, Senin (30/3/2020).

Selanjutnya, pemerintah Kabupaten Kobar kembali mengajukan program replanting kembali kepada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Hasilnya Kabupaten Kobar kembali mendapat program replanting kebun sawit di tahun 2020.

Baca Juga :  Beri Pembinaan, Kakanwil Kunjungi Lapas Pangkalan Bun

“Tahun 2019 lalu ada 1000 haktere kebun kelapa sawit milik masyarakat dan kelompok tani yang di Replanting dan ditanam bibit kelapa sawit berkualitas,” kata Kamaludin.

Namun program replanting tersebut harus tertunda karena permasalahan Covid 19. Dana yang harusnya bisa dicairkan pada bulan Maret ini harus tertunda pelaksanaannya.

“Tahun ini kita mendapatkan jatah Rp 1.500 hektare kebun sawit untuk di Replanting atau anggarannya kurang lebih Rp38 miliar,” jelasnya.

Sebenarnya awal bulan maret harus ada pertemuan dengan BPDPKS di Jakarta. Namun pertemuan itu Ditunda karena adanya larangan pemerintah untuk tidak mengumpulkan orang dalam jumlah banyak.

Baca Juga :  Bupati Tinjau Pembangunan Pasar

Padahal masyarakat yang mendaftar ke TPHP mengenai program replanting ini sangat banyak. Syarat untuk program replanting ini juga sangat mudah. Satu kepala keluarga dibatasi luas kebun sawit yang hendak di replanting maksimal 4 hektare, lahanya tidak bermasalah dengan hukum dan kebun tersebut milik pribadi.

Sehingga dengan tertundanya pertemuan tersebut, maka dana untuk Replanting juga ikut tertunda. Sehingga sampai saat ini program replanting juga belum bisa dilaksanakan.

“Kita berharap masalah Covid 19 ini bisa cepat berlalu. Sehingga nantinya program replanting dan kegiatan lainnya bisa berjalan dengan normal,” pungkasnya. (yus)

Share :

Baca Juga

Kobar

Mulai Sekarang, Pembuatan Paspor Bisa di Pangkalan Bun

Kobar

Dipicu Cemburu Buta, IRT Nekat Menganiaya Teman Suaminya

Pemkab Kobar

Bupati Pastikan Hewan Kurban yang Disalurkan Layak Konsumsi

Kobar

Buang Sampah Sembarangan, IRT Nyaris Ditangkap Warga

Kobar

Kompak Curi Sawit, Bapak dan Anak Diringkus Polisi

Kobar

Nah!! Lahan Dekat Pemukiman Penduduk di Kumai Terbakar

Pemkab Kobar

Bupati Dorong Peningkatan SDM BUMD Kobar

Pemkab Kobar

Bupati Berharap Kabandara Baru Terus Benahi Bandara Iskandar