Home / Budaya/Wisata / Kobar / Travel

Minggu, 8 Maret 2020 - 20:56 WIB

Pengunjung TNTP Mulai Sepi, Imbas Virus Corona

Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) merupakan kawasan wisata yang mulai terdampak akibat merebaknya kasus virus Corona. Foto : Yusbob

Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) merupakan kawasan wisata yang mulai terdampak akibat merebaknya kasus virus Corona. Foto : Yusbob

Pangkalan Bun, Kalteng Ekspres.com РMulai berkurangnya pengunjung Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), diperkirakan  imbas wabah virus corona beberapa bulan terakhir.

Wisatawan dari sejumlah negara di Asia dan Eropa dilaporkan telah membatalkan atau menjadwalkan ulang kunjungan mereka ke ibu kota orang utan dunia di TNTP.

Akibatnya, dampak dengan dibatalkannya jadwal wisata turis mancanegara tersebut berdampak juga pada agen tour travel wisata di Kabupaten Kobar harus mengeluh.

Pemilik Biro Perjalanan Wisata Borneo Hijau Persada Tour and Travel, Ahmad Yani mengungkapkan, dalam kurun waktu satu bulan ini, sejumlah reservasi telah dibatalkan oleh wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke TNTP.

Baca Juga :  Tiga Honorer Dishub Kobar Terancam Sanksi

Untuk bulan Maret 2020 ini, lanjut Yani, sedikitnya ada 15 reservasi yang telah dibatalkan. “Mereka khawatir, karena wisatawan mancanegara harus transit di Asia terlebih dahulu sebelum ke tempat tujuan,” tandasnya.

Dampaknya mulai dirasakan sejak Desember 2019, bahkan sejumlah jadwal hingga bulan Juni 2020 sudah terkonfirmasi batal.

“Kita betul-betul merasakan dampaknya karena TNTP adalah pasar eropa, berbeda daerah lain, masih dengan pasar domestik masih bisa jalan,” bebernya.
Yani mengatakan, rata-rata wisatawan yang telah membatalkan perjalanan wisatanya ke TNTP didominasi dari Eropa dan Australia. Negara terbanyak dari Spanyol. Dampak wabah virus corona ini tidak hanya berdampak pada daerah, namun juga biro wisata secara nasional.

Baca Juga :  Parah!! Pesta Miras, 12 Remaja Kobar Diciduk Satpol PP, Satu Orang Jadi Pemakai Sabu

Para wisatawan yang datang dari Eropa dan Australia, dari bandara masuk Jakarta atau di Bali sudah dicegah, namun untuk ke Kobar tetap pengawasan dan pencegahan. Untuk Kobar sendiri belum perlu pembatasan kunjungan karena tidak dibatasi pun, angka kunjungan sudah menurun sangat drastis sejak virus corona ini mewabah.

“Intinya semua kena dampak dari Corona terhadap kegiatan wisata di Taman Nasional Tanjung Puting,” pungkasnya. (yusbob)

Share :

Baca Juga

Kobar

Nah!! Lahan Dekat Pemukiman Penduduk di Kumai Terbakar

Kobar

Satgas Yustisi Kembali Razia Pedagang Tak Patuh Protokol Kesehatan

Kobar

Aksi Komplotan Pencurian Kotak Amal Terekam CCTV

Kobar

Lapas Pangkalan Bun Bekali Warga Binaan Bercocok Tanam

Kobar

Mantap… Pasar Indra Sari Dipasang Eskalator

Kobar

Diimingi Ponsel, Bocah Berusia 11 Tahun Dicabuli Karyawan Sawit

DPRD Provinsi Kalteng

Rombongan Anggota DPRD Kalteng Dapil III Reses di Kobar

Kobar

Terganjal RTRW, Warga Pesisir Kesulitan Legalitas Aset 
error: Content is protected !!