Home / DPRD Murung Raya

Minggu, 22 Maret 2020 - 21:33 WIB

Ketua DPRD Mura Prihatin Terhadap Tuntutan Peladang

Ketua DPRD Mura Doni.

Ketua DPRD Mura Doni.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.comKetua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya (Mura) Doni SP M.Si turut prihatin atas tuntutan terhadap seorang peladang di Kabupaten Mura yang terjerat kasus pembakaran lahan.

Pasalnya, peladang yang sebelumnya melakukan pembakaran lahan untuk berladang di Desa Jukung Pajang Kecamatn Murung, Kabupaten Mura, dituntut 3 tahun penjara.

“Peladang di Mura ini membakar lahan hanya untuk bertani. Lahan yang dibakar itu juga tidak terlalu luas. Hampir sama lah kasusnya seperti yang dialami peladang di Sintang,” ungkap Doni, Minggu (22/3/2020).

Baca Juga :  Prihatin Kasus Asusila, Dewan Dorong KLA Diperkuat

Doni berharap agar hakim pengadilan yang menangani kasus peladang bakar lahan di Kabupaten Mura, memberikan keputusan bebas dari berbagai tuntutan. Karena menurut dia, kasus peladang bakar lahan di Kabupaten Mura sebenarnya hampir sama dengan yang terjadi di Sintang, Provinsi Kalbar.

“Hakim yang menangani kasus peladang bakar lahan di Sintang itu memberikan putusan bebas dari berbagai tuntutan. Seharusnya, kasus peladang bakar lahan di Kabupaten Mura kita harapkan juga seperti itu,” tegasnya.

Baca Juga :  Delapan Wajah Baru Harus Berani Menyuarakan Aspirasi Masyarakat

Doni sangat menyatakan prihatin, lantaran peladang yang membakar lahan tersebut informasinya dituntut tiga tahun kurungan penjara dan denda miliaran rupiah.

“Sangat disayangkan bahwa peladang tersebut hanyalah rakyat kecil yang kerjaannya hanya berkebun dan berladang tidak sepantasnya jeratan hukum terlalu tinggi,” tandasnya. (ari)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

DPRD Murung Raya

Dewan Mura Nilai Undang-Undang Minerba Masih Lemah

DPRD Murung Raya

Dewan Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Materi KUPA-PPAS 2019

DPRD Murung Raya

Masyarakat Diimbau Jaga Kesehatan

DPRD Murung Raya

Dewan Minta Sosialisasi Bahaya Karhutla Digencarkan

DPRD Murung Raya

Wakil Ketua II DPRD Mura Jadi Narasumber Rakor ASBUMDes

DPRD Murung Raya

Dewan Dorong Pemkab Mura Budidaya Ternak Unggas

DPRD Murung Raya

Dewan Dorong Perketat Pengawasan Pekerjaan Proyek

DPRD Murung Raya

Ketua Dewan Minta Pengawasan Keluar Masuk WNA Diperketat