Home / Pemkab Kobar

Sabtu, 28 Maret 2020 - 12:17 WIB

Jumlah ODP di Kobar Capai 92 Orang, Terbanyak di Pangkalan Lada

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar, Achmad Rois. Foto : yus

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar, Achmad Rois. Foto : yus

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Kotawaringin Barat mengalami peningkatan, sampai dengan tanggal 27 Maret 2020, jumlah ODP mencapai 92 orang dan tersebar di semua Kecamatan Se Kobar. Kecamatan Pangkalan Lada paling tertinggi terdapat ODP yakni berjumlah 38 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kobar Achmad Rois selaku juru bicara Covid-19 mengatakan, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang kini tengah dirawat dalam ruangan Isolasi ada 2 orang, keduanya berasal dari Kabupaten Kobar yakni dari Kelurahan Raja dan Kelurahan Madurejo.

“Sampai saat ini ada dua orang PDP yang masih dirawat dalam ruang isolasi Rumah Sakit Sultan Imanudin Pangkalan Bun. Keduanya dari Kecamatan Arut Selatan, sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan berjumlah 92 orang yang tersebar di semua Kecamatan Se Kobar,” kata Achmad Rois via Ponsel, kepada Kalteng Ekspres, Sabtu (28/3).

Baca Juga :  Gubernur Resmikan Jembatan Layang di Ruas Jalan Kolam

Dijelaskan, awalnya Kecamatan Kotawaringin Lama tidak ada dan diharapkan bisa bertahan. Ternyata dalam perkembangannya muncul satu ODP di Desa Satu Sukamulya.

Dari Enam Kecamatan se-Kobar lanjut Rois, Kecamatan Pangkalan Lada paling tertinggi terdapat ODP mencapai 38 orang yang tersebar di 7 desa yakni desa Purbasari terdapat 2 ODP, Sumber Agung 4 ODP, Sungai Rangit 4 ODP, Makarti Jaya 4 ODP, Sungai Melawen 14 ODP, Pandu Sanjaya 6 ODP dan desa Kadipi Atas 4 ODP.

Baca Juga :  RSUD Imanuddin Siapkan Satu Ruangan Isolasi Khusus Penanganan Virus Corona

Lanjut Rois, untuk Kecamatan Arut Selatan terdapat 15 ODP dan 2 orang PDP,  Kecamatan Kumai ada 28 ODP tersebar di 11 desa, Kecamatan Pangkalan Banteng ada 4 ODP, Kecamatan Arut Utara ada 6 ODP dan Kecamatan Kotawaringin Lama ada 1 ODP.

“Semakin banyak kita temukan ODP ini semakin baik hal itu menandakan petugas Puskesmas kita telah melaksanakan ttindakan pencegahan dini, karena semua petugas Puskesmas diinstruksikan untuk terus memantau,” kat Achmad Rois.

Jika muncul gejala klinis Covid-19 maka langsung dirujuk ke Rumah Sakit Sultan Imanudin Pangkalan Bun,  ujar Achmad Rois. (yus)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

Hadapi UN, Bupati Minta Tenaga Pendidik Motivasi Siswanya

Pemkab Kobar

Bupati Kobar Panen Padi di Desa Berambai Makmur

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Bahas Sengketa Lahan di Desa Kubu

Pemkab Kobar

Ini Pesan Gubernur Kalteng di HUT Kobar ke 63

Pemkab Kobar

Tahun 2020, Kobar Bangun Kawasan Fish Market di Kumai

Pemkab Kobar

4 Warga Kobar Terkonfirmasi Positif Covid-19

Pemkab Kobar

Tim Lumba-lumba Juara 1 Kobar Fishing Bupati Cup

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Jalin Kerjasama dengan BIG RI