Home / Pemprov Kalteng

Selasa, 4 Februari 2020 - 14:46 WIB

Pemprov Kalteng Kurangi Jumlah Peserta JKN-KKB

Kadinkes Kalteng Suyuti Syamsul.

Kadinkes Kalteng Suyuti Syamsul.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pada tahun 2020 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah berencana memangkas jumlah penerima manfaat Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Kalteng Berkah (JKN-KKB). Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul, pemangkasan ini dilakukan agar penerima manfaat lebih tepat sasaran.

Pada tahun 2019 diketahui jumlah penerima manfaat JKN-KKB ada sekitar 77 ribu peserta, untuk tahun ini akan dipangkas menjadi 42 ribu peserta.

”Selain agar lebih tepat sasaran, pemangkasan ini juga di sebabkan oleh naiknya iuran kepesertaan dari Rp 23.000 menjadi Rp 42.000 sehingga kami memilih untuk mengurangi jumlah penerima,” terang Suyuti.

Baca Juga :  Wapres KH Ma’ruf Amin Kunjungi Kalteng

Ia juga menambahkan, jika melihat evaluasi pembagian JKN pada tahun 2019 lalu, didapati ada beberapa kabupaten di Kalteng yang sudah 100 persen menerima JKN. Dan pada tahun 2020 ini akan dilakukan relokasi sehingga masyarakat yang memang betul-betul memerlukan akan menerima manfaat tersebut.

“Jika pada tahun lalu peserta yang mampu pun kami tanggung, maka pada tahun ini para peserta JKN-KKB adalah mereka yang benar-benar tidak mampu,” ujar Suyuti.

Baca Juga :  TP-PKK Kalteng Dorong Kaum Perempuan Terapkan Protokol Kesehatan

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Sosial, diketahui angka kemiskinan di Kalteng hanya 5 persen saja. Sementara program JKN-KKB yang dibiayai dari APBN dan APBD Provinsi dan kabupaten/kota meMbiayai peserta 60 persen dari total penduduk Kalteng.

“Jika angka kemiskinan hanya 5 persen kemudian ditambah masyarakat tidak mampu saya pikir tidak akan sampai 60 persen. Maka dari itu kami menurunkan jumlah perserta JKN-KKB agar masyarakat yang benar-benar tidak mampu dapat menerima manfaat,” pungkasnya. (via)

Share :

Baca Juga

Kobar

Kalteng Genjot Ekspor Minyak Kelapa Sawit

Pemprov Kalteng

Hadapi PON, Gubernur Minta Dispora dan Pengcabor Sinergi

Pemprov Kalteng

Plt. Gubernur Kalteng Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes Covid-19

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Berhasil Tekan Angka Gizi Buruk

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Serahkan 8 Permendagri Tentang Batas Daerah

Pemprov Kalteng

Kalteng Tiga Besar Nasional Sektor Transportasi Umum

Pemprov Kalteng

Dispar Kalteng Gagas Penerapan Perpaduan K3

Pemprov Kalteng

Gubernur dan TP PKK Kalteng Sambangi RSUD Doris Sylvanus
error: Content is protected !!