Home / Pemkab Kobar

Jumat, 7 Februari 2020 - 21:57 WIB

Pemkab Kobar Komitmen Tingkatkan Nilai SAKIP

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat memaparkan ketika menggelar kunjungan ke Kemenpan RB Jumat (7/2).

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat memaparkan ketika menggelar kunjungan ke Kemenpan RB Jumat (7/2).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) berkomitmen meningkatkan capaian nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Hal ini karena hasil evaluasi nilai SAKIP di tahun 2019, Kobar meraih nilai B. Jika dibandingkan nilai di tahun 2018 yang memperoleh nilai C, raihan di tahun 2019 membaik.

Pada tahun ini, Pemkab Kobar menargetkan raihan nilai SAKIP di tahun 2020 ini adalah A. Ini sesuai Rencana Strategis (Renstra) 2017-2022.  Guna mewujudkan hal ini, Bupati didampingi Ketua DPRD Kobar Rusdi Ghozali, Sekda Suyanto, Kepala SKPD dan Kepala Bagian terkait, melakukan koordinasi dengan jajaran Kemenpan RB di Jakarta.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Bakal Kucurkan Rp 25 Miliar Untuk Pembangunan WFC Kobar

“Raihan nilai SAKIP ini penting artinya karena merupakan bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi. Nilai SAKIP sekaligus bertujuan untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result oriented goverment),”kata Nurhidayah.

Baca Juga :  Bupati Targetkan Pembangunan Bandara Sebuai Mulai Terealisasi Tahun Ini

Bupati juga berupaya mengefektifkan budaya kinerja, antara lain dengan melakukan pembinaan SAKIP yang intensif kepada seluruh perangkat daerah, sehingga implementasi SAKIP di seluruh perangkat daerah semakin membaik.

“Prinsipnya kita akan terus berupaya memperbaiki kinerja pemerintah daerah, yang pada gilirannya akan berdampak pada nilai SAKIP, dan kegiatan konsultasi dan koordinasi ini untuk mengumpulkan saran masukan dari kementerian RB demi meraih target kita menjadi lebih baik lagi”, tandas Nurhidayah. (yus)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

Jalin Kekompakan, Bupati Kobar Ikut Latihan Menembak

Pemkab Kobar

Kobar Mulai Buka Pendaftaran CPNS 2019

Pemkab Kobar

Enam Bulan, Sudah 112 Ha Lahan Terbakar di Kobar

Kobar

52 Tenaga Medis Tangani Covid-19 RSSI Berdiam di Rusunawa

Pemkab Kobar

Satpol PP Tertibkan Pedagang Kaki Lima

Kobar

Waspada, 11 Ekor Sapi di Kobar Terjangkit PMK

Pemkab Kobar

OPD Katingan Diminta Gagas Program Prioritas

Kobar

Jelang Idul Adha, Kobar Siaga Wabah PMK