Home / DPRD Provinsi Kalteng

Sabtu, 8 Februari 2020 - 11:57 WIB

Komisi I DPRD Kalteng Kaji Banding Pengelolaan Aset Daerah

Rombongan Komisi I DPRD Kalteng saat menggelar kunjungan kaji banding ke Jatim, Sabtu (8/2/2020).

Rombongan Komisi I DPRD Kalteng saat menggelar kunjungan kaji banding ke Jatim, Sabtu (8/2/2020).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur (Jatim). Kunjungan kerja yang dilakukan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jatim.

Pada kunjungan ini Komisi I yang membidangi Hukum, Anggaran dan Pemerintahan mempelajari mengenai pengelolaan dan peningkatan aset pemerintahan.

“Provinsi Jatim merupakan salah satu provinsi yang mampu melakukan pengelolaan aset secara maksimal,” jelas Y. Freddy Ering, Ketua Komisi I DPRD Kalteng.

Menurut dia, tujuan kunker kali ini untuk melakukan kaji banding menyangkut tata kelola aset, keuangan dan Perusahaan Daerah (Perusda).

” Terkait dengan kunjungan ini ada beberapa hal yang menjadi perhatian Komisi I seperti pengimplementasian regulasi terkait aset dan keuangan karena hal ini mempengaruhi penilaian opini BPK RI,” ujar Fredy.

Baca Juga :  Dewan Minta Naker Lokal Dilindungi dengan Perda

Selain itu masalah hibah juga menjadi perhatian pihaknya,dimana hibah tersebut benar-benar harus diatur sesuai dengan regulasi serta tindaklanjut positif.

Jatim dalam hal ini dinilai konsisten, ketika ada usulan dari SOPD atau institusi lainnya meminta hibah, tidak serta merta dikarenakan kalau terus menerus dilakukan, aset milik pemerintah dapat habis.

“Pembelajaran lain yang perlu jadi perencanaan, seperti tidak boleh menumpuknya aset-aset yang ada, atau yang rusak. Hal itu wajib ditindaklanjuti, agar tidak menjadi beban bagi daerah. Bahkan berdampak, pada neraca anggaran,” katanya.

Sedangkan untuk soal Perusda, BPKAD Jatim membuat terobosan peleburan menjadi satu Perseroan Terbatas (PT). Sebut saja karena lima perusda dianggap kurang berkontribusi bagi daerah, maka disatukan pada PT agar berjalan maksimal. Selain itu memang pada umumnya Bank Jatim sendiri juga sebagai penyumbang deviden terbesar, layaknya Bank Kalteng.

Baca Juga :  Peran Puskesmas Wilayah Pelosok Perlu Ditingkatkan

Kunjungan kerja jajaran Komisi I DPRD Kalteng ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I Y Freddy Ering, Wakil Ketua H.Muhajirin, Sekretaris Sirajul Rahman, anggota H.Sugiyarto, Ferry Khaidir, Toga HN Nadeak, Hj Rusita Irma, Irawati dan Sinar Kamala. Turut mendampingi Dirut Bank Kalteng dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah terkait. (via)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Pansus DPRD Kalteng Awasi Anggaran Covid-19

DPRD Provinsi Kalteng

Tingkatkan SDM Masyarakat Melalui Dana Desa

DPRD Provinsi Kalteng

Fraksi PKB DPRD Kalteng Bagikan 1.000 Paket Sembako

DPRD Provinsi Kalteng

Warga Pasak dan Mandau Talawang Keluhkan Minimnya Jaringan Listrik

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Bahas Raperda Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana

DPRD Provinsi Kalteng

Hadapi Pancaroba, Harus Jaga Kesehatan

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Terima Naskah Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2020

DPRD Provinsi Kalteng

Dua Sekolah di Seruyan Usulkan Rehab Bangunan dan Penambahan Biaya Operasional