Home / DPRD Kotim

Rabu, 12 Februari 2020 - 17:28 WIB

Dewan Dorong Insentif Ketua RT/RW Ditambah

Anggota DPRD Kotim Riskon Fabiansyah.

Anggota DPRD Kotim Riskon Fabiansyah.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Riskon Fabiansyah mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim untuk menaikan insentif Ketua RT dan RW di Kabupaten Kotim. Usulan kenaikan insentif ini dinilai harus dilakukan guna meningkatkan kinerja.

“Kenaikkan insentif ini harus dilakukan, karena dengan nilai insentif saat ini sebesar Rp 200 ribu tidak wajar sebagai penghargaan untuk Ketua RT/RW dalam melayani warganya,” katanya kepada Kalteng Ekspres.com diruang kerjanya, Rabu (12/2/2020).

Baca Juga :  Pemda Kotim Diminta Bina Anak Jalanan

Menurut Riskon, hal ini bukan untuk gaji tapi insentif kegiatan RT dan RW karena mereka perwakilan pemerintah paling bawah.

Politisi Golkar ini juga menjelaskan, dengan adanya kenaikan itu akan mendorong kinerja sekaligus peran Ketua RT dan RW di lingkungannya agar lebih maksimal. Satu di antaranya menyelesaikan sengketa antar warga sehingga perkara itu tidak dibawa ke ranah hukum.

“Usulan ini akan kita komunikasikan kepada Bupati Kotim, serta kepolisian dan kejaksaan, dimana agar kasus-kasus kecil dimediasikan di tingkat RT. Misalnya percekcokan antar warga, atau perkelahian kecil, tidak naik ke kepolisian. Cukup diselesaikan di tingkat RT maupun RW,” ungkap Riskon.

Baca Juga :  Dewan Minta Pasien Jujur Sampaikan Keluhan Penyakit ke Petugas Medis

Baik RT maupun RW lanjut dia, nantinya akan diberikan pemahaman tentang penanganan konflik antar warga. Bahkan, jika perlu dilakukan pelatihan bagi RT maupun RW, sehingga bisa diketahui perselisihan mana saja yang bisa diselesaikan di tingkat bawah. (br)

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Ketua DPRD Kotim Apresiasi Kepemimpinan Sahati

DPRD Kotim

Dewan Dorong Aparatur Desa Siapkan Dokumen Pencairan DD

DPRD Kotim

Pengerjaan Jalan Bandara H Asan Diharapkan Cepat Selesai

DPRD Kotim

Usai Digunakan, Sampah Medis Covid-19 Harus Dimusnahkan

DPRD Kotim

Sengketa Lahan Jangan Dianggap Sepele

DPRD Kotim

Dewan Desak Pemkab Kotim Selesaikan Sengketa Lahan Makam

DPRD Kotim

Fraksi PKB Minta Pemkab Perhatikan Nasib Pesantren Kotim

DPRD Kotim

DPRD Kotim Dukung Program Jumat Beriman
error: Content is protected !!