Home / Kobar

Jumat, 21 Februari 2020 - 21:35 WIB

BPS Kobar Gandeng Polisi Sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020

Kepala BPS Kobar Oo Suharto saat menyerahkan cinderamata SP 2020 kepada Kapolres Kobar AKBP E. Dharma B Ginting saat sosialisasi ke Mapolres Kobar Jumat (21/2/2020).

Kepala BPS Kobar Oo Suharto saat menyerahkan cinderamata SP 2020 kepada Kapolres Kobar AKBP E. Dharma B Ginting saat sosialisasi ke Mapolres Kobar Jumat (21/2/2020).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Provinsi Kalteng mulai mensosialisasikan sensus penduduk tahun 2020 menuju satu data kependudukan Indonesia. Guna mewujudkan hal itu, BPS Kobar menggandeng Polisi Resort (Polres) Kobar untuk ikut berpartisipasi aktif memperbarui data kependudukan anggotanya, Kamis (20/2/2020).

Sosialisasi di Polres Kobar ini dipimpin langsung Kepala BPS Kobar Oo Suharto. Kegiatan tersebut disambut langsung oleh Kapolres Kobar AKBP Dharma Ginting di ruang kerjanya.

Kepala BPS Kobar Oo Suharto, menjelaskan, Sensus Penduduk Tahun 2020 untuk sistem online dimulai sejak tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020.  Kemudian pada tanggal 1-31 Juli 2020 dilanjutkan dengan pendataan manual atau door to door ke rumah warga se-Kabupaten Kobar yang nantinya melibatkan sekitar 400 petugas sensus.

Baca Juga :  Waspada, Penyebaran Covid-19 di Kobar Sudah Melalui Transmisi Lokal

“SP 2020 ini, bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia,”kata Oo Suharto disela melakukan sosialisasi di Mapolres Kobar.

Selain itu, lanjut dia, untuk menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk dalam hal ini fertilitas, mortalitas, dan migtasi serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs.

Menurut dia, pertimbangan menggunakan Teknologi TIK dalam melakukan sensus tahap awal, sebab mobilitas penduduk sekarang ini sangat tinggi. Lantaran penduduk banyak beraktifitas di luar rumah, ada juga kelompok yang sulit dijangkau. Sehingga dengan adanya teknologi TIK ini diharapkan bisa mendapatkan kualitas data register yang semakin baik.

Baca Juga :  Polisi Tetapkan Kepala Rombongan Penambang Emas Tersangka 

Ditempat yang sama Kapolres Kobar AKBP E. Dharma B Ginting mengatakan, bahwa pihaknya mendukung dengan adanya kegiatan sensus online ini dan selanjutnya akan turut berpartisipasi aktif dalam sosialisasinya kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sangat penting bagi kita sebagai anggota Polri begitu juga dalam pelaksanaan tugas kita sebagai Polri sangat dibutuhkan. Dan akan kami jadwalkan untuk disosialisasikan kepada anggota terlebih dahulu,”ungkap Kapolres. (hm)

Share :

Baca Juga

Kobar

Pasca Pilkada, Polisi Perketat Pengamanan Kantor KPU

Kobar

Orangutan TNTP Nyasar ke Perkampungan Warga

Kobar

KPUD Kobar Sosialisasi Pemilih Remaja Melalui Daring 

Kobar

Tiga Nelayan Mendawai yang Hilang Diduga Dirampok

Kobar

Warga Kumpai Batu Atas Budidayakan Kopi Liberika Khas Pangkalan Bun

Kobar

BNNK Kobar Musnahkan 20,21 Gram Sabu 

Kobar

IRONIS!! Menunggak Dua Bulan, Listrik Sekolah SDN-2 Baru Kelurahan Baru Disegel PLN

Kobar

Pesta Miras, 17 Remaja Diciduk Satpol PP Kobar