Home / Kobar

Kamis, 30 Januari 2020 - 19:15 WIB

Selama 2019, PT BGA Region Kotawaringin Berdayakan Masyarakat Sekitar Kebun

CSR PT BGA Region Kotawaringin saat menyerahkan bantuan ternak kambing kepada kelompok tani 'Sumber Rejeki' binaan PT. BGA sebagai kelompok pertanian terpadu di Desa Kinjil.

CSR PT BGA Region Kotawaringin saat menyerahkan bantuan ternak kambing kepada kelompok tani 'Sumber Rejeki' binaan PT. BGA sebagai kelompok pertanian terpadu di Desa Kinjil.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Selama tahun 2019 lalu, PT. Bumitama Gunajaya Abadi (BGA) Region Kotawaringin yang berkedudukan di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Propinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), telah melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan kepada masyarakat sekitar kebun.

Kegiatan CSR perusahaan ini dilaksanakan lebih banyak pada program pemberdayaan masyarakat, seperti dibidang peternakan, pertanian, perikanan, dan UKM makanan olahan lokal.

Region Head Kotawaringin Irman Tahir mengatakan, program tersebut dilaksanakan bertujuan untuk memberikan dorongan kepada masyarakat agar bisa membuka peluang usaha baru sebagai nilai tambah, selain bekerja sebagai karyawan perkebunan kelapa sawit. Bahkan program ini bisa dikembangkan secara mandiri ataupun berkelompok.

Petugas dari dinas terkait lingkup Pemkab Kobar didampingi dephead CSR PT. BGA dan CSR PT. BGA Region 5 Kotawaringin. saat poto bersama.

Menurut dia, unit usaha ini dimulai dengan berbekal pelatihan yang diberikan oleh pihak perusahaan bekerjasama dengan pusat pelatihan di eksternal. Disamping itu juga menciptakan usaha mandiri sebagai salah satu alternatif Income bagi masyarakat sekitar perusahaan.

“Sasaran yang bisa diberikan peluang usaha ini adalah melibatkan karyawan perusahaan yang berstatus sudah pensiun atau tidak lagi bekerja, sehingga diharapkan dengan adanya program ini sangat membantu menambah penghasilan untuk keperluan rumah tangganya,”kata Irman dalam rilisnya.

Ia menjelaskann, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dikarenakan melalui beberapa pelatihan, yang memberikan pengalaman dan pengetahuan teknis atau inovasi baru di bidang peternakan, pertanian, dan perikanan.

Baca Juga :  Pemkab Kobar Genjot Jalan Penghubung Pangkalan Banteng-Kumai Seberang

Sistem pembinaan dalam program ini tentu saja melalui beberapa tahap yaitu kelayakan lokasi, motivasi, semangat, dan kekompakan.

“Ini sangat diperlukan karena setiap kelompok yang akan menjalankan program harus benar-benar serius dalam menjalankan tiap program. Setiap program akan di monitor perkembangannya dan akan di gulirkan kepada anggota kelompok yang lain dengan jenis kegiatan program yang berbeda, sesuai dengan potensi desa masing-masing,”ujarnya.

Senada diutarakan Area Controler 5 Kiajar Rajagukguk. Menurut dia, yang paling penting dalam program ini adalah kepedulian dan keseriusan dalam menjalankan kegiatan, serta pendampingan. Karena berkaitan dengan kemampuan untuk memasarkan hasil produksi, sehingga perlu adanya pembinaan dan pengawasan agar pelaku usaha tidak merasa kesulitan untuk menjual hasil produksinya ke pasaran.

Disamping itu, diharapkan para pelaku usaha mampu bersaing dalam hal meningkatkan pengetahuan dan memperhatikan kualitas produknya agar dapat menarik minat konsumen secara maksimal dan bisa bersaing di pasaran.

Sementara itu CSR Region Kotawaringin Rudhyaksa Putra menjelaskan,  dalam kegiatan ini, CSR perusahaan PT. BGA juga menggandeng pihak eksternal ataupun unsur terkait di dalam pemerintahan, seperti dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar, beserta unsur SKPD terkait dalam pelatihan. Sejumlah pihak yang telah dilibatkan ini telah banyak membantu dan mendukung dalam melancarkan kegiatan program CSR perusahaan.

“CSR perusahaan ini salah satu bentuk kepedulian terhadap potensi dan kemampuan lokal, sehingga masyarakat dapat merasakan dampak positif dengan keberadaan investor di desa mereka. Salah satu alasan kenapa program CSR sangat dibutuhkan bagi pemberdayaan masyarakat desa, adalah agar usaha masyarakat dapat berkembang dan mandiri, serta bisa membuka keterisolasian di daerahnya dan memajukan perekonomian secara merata,”ungkap Rudhyaksa.

Baca Juga :  Ini WNA Yang Diamankan Kodim 1014 Pangkalan Bun

Begitu pula dengan program kesehatan, pendidikan, dan keagamaan, lanjut Rudhyaksa, semuanya berjalan selaras melalui beberapa program kegiatan didalam masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung.

Bahkan, beberapa desa yang telah dibina di tahun 2019 lalu, sudah ada yang bisa memberikan pusat pelatihan dan percontohan dalam bentuk Kelompok Pertanian Terpadu. Sehingga bagi masyarakat yang ingin menambah pengetahuannya di bidang peternakan, pertanian, dan perikanan, dapat belajar di kelompok ini.

“Kelompok Pertanian Terpadu tersebut bernama Sumber Rejeki berada di Desa Kinjil Kecamatan Kolam. Di kelompok pertanian ini ada lahan percontohan seluas 2 Ha dengan membawahi beberapa kelompok anggota tani di masing-masing desa sekitar perusahaan,”papar Rudhyaksa.

Rudhyaksa menambahkan, selain program tersebut, pihaknya juga melaksanakan program kegiatan CSR lainnya, yakni dibidang Infrastruktur di beberapa desa sekitar perusahaan. Kegiatan ini meliputi perbaikan jalan desa dengan memberikan bantuan penimbunan laterit dan alat berat. Disamping itu juga membantu fasilitas MCK, pengecatan sekolah, penghijauan,  untuk sekolah eksternal.

“Ke depannya PT. BGA Region Kotawaringin akan terus berinovasi melalui program CSR dengan menggandeng seluruh unsur terkait dalam rangka menciptakan usaha alternatif baru bagi masyarakat, sehingga tujuan untuk kemajuan dan kesejahteraan secara merata dapat diwujudkan melalui program pemberdayaan masyarakat,” tandas Rudhyaksa. (adv)

 

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Semua publikasi berita yang diterbitkan media Kalteng Ekspres.com, merupakan tanggung jawab penanggung jawab redaksi.

Share :

Baca Juga

Kobar

Evakuasi Molor, Kedatangan KM Kirana ke Kumai Dipastikan Terlambat

Kobar

Polres Kobar Tangkap 9 Pelaku Kejahatan

Kobar

Aksi Pencurian 5 Unit HP di Toko Ponsel Terekam CCTV

Kobar

Oknum Anggota TNI Aniaya Pemuda Hingga Tewas

Kobar

Pencuri Buah Sawit Kepergok Saat Beraksi, 5 Orang Kabur

Kobar

Menuju Kota Sehat, Pemkab Kobar Kunker ke Kemenkes RI

Kobar

Polres Kobar Terus Gencar Berantas Kasus Narkoba

Kobar

Tim Sar Hentikan Pencarian 7 Penambang Terkubur