Home / Kobar

Rabu, 29 Januari 2020 - 19:44 WIB

Lapas Pangkalan Bun Panen Sayur Hasil Perkebunan Napi

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pangkalan Bun saat ini mulai memproduksi sayuran hasil perkebunan swadaya para narapidana (napi) Lapas setempat.  Bahkan hasil panen kian meningkat, berkat kerja keras Tim Giatja Lapas setempat yang menjadikan lahan kosong sebagai tempat berkebun sayur bagi napi.

Kalapas Pangkalan Bun Kusnan mengatakan, lahan yang dimanfaatkan para napi untuk berkebun tersebut berada di area Lapas. Sebelumnya lahan tersebut hanya ditumbuhi oleh tanaman liar dan tidak terurus kini sudah menjadi lahan perkebunan yang berguna dan sangat bermanfaat, lahan yang mulai ditanami berbagai macam sayuran ini merupakan salah satu program peningkatan produksi.

Baca Juga :  Evakuasi Molor, Kedatangan KM Kirana ke Kumai Dipastikan Terlambat

“Ini merupakan salah satu program pembinaan bagi narapidana yang memang memiliki kemampuan dibidang perkebunan, dengan adanya kemampuan tersebut maka tim memberikan kesempatan agar kemampuan tersebut diasah kembali agar kelak pada saat mereka kembali ke masyarakat bisa berguna,”ungkap Kusnan.

Baca Juga :  Komplikasi Penyebab IRT di Sumber Agung Tewas Membusuk

Ia menjelaskan, ada beberapa jenis sayuran yang ditanam di lahan ini, dan beberapa diantaranya sudah mulai panen. Sayuran tersebut seperti mentimun, kacang panjang dan masih ada beberapa sayuran yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Pihaknya berharap, semoga kedepannya lahan yang telah disulap menjadi lahan hijau dan bermanfaat ini bisa menjadi lahan yang berguna bagi masyarakat dan juga mampu dijaga oleh seluruh petugas Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun. (yuso)

Share :

Baca Juga

Kobar

Didor Polisi, Maling Uang Pasien Tumbang

Kobar

Awal Ramadan, Lonjakan Penumpang Kapal Mulai Meningkat 50 Persen

Kobar

Giliran Warga Kobar Digegerkan Fenomena Awan Berbentuk Tsunami

Kobar

Tim Operasi Yustisi Rapid Test Pengunjung Kafe 

Kobar

Danpos AL Kumai Sebut Pembangunan Lanal Jadi Prioritas

Kobar

Operasi Yustisi Sasar 20 Bangunan Walet Wajib Bayar Pajak

Kobar

Banjir Tenggelamkan Ratusan Rumah Warga Aruta

Kobar

Pencarian Korban KM Putri Ayu Belum Buahkan Hasil
error: Content is protected !!