Home / DPRD Kotim

Jumat, 3 Januari 2020 - 16:52 WIB

DPRD Kotim Setujui Rekomendasi Warga Desa Sebabi

Ketua Fraksi PKB DPRD Kotim M Abadi.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kotim M Abadi.

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), M Abadi memastikan bahwa pihaknya di DPRD Kotim akan memenuhi dan menyetujui rekomendasi dalam rapat dengar pendapat (RDP) terkait persoalan antara warga Desa Sebabi dengan PT Sukajadi Sawit Mekar (SSM), dengan melakukan peninjauan lapangan untuk memastikan lahan yang bermasalah.

“Sesuai rekomendasi RDP akan dilakukan kembali 13 Januari 2020, sehingga di situ kami juga akan turun mengawasi apakah itu dilaksanakan tidak kesepakatan bersama itu,“ kata Abadi kepada awak media Jumat (3/1/2020).

Baca Juga :  Dewan Minta Tim Gugus Tugas Tertibkan Kerumunan Warga

Abadi menjelaskan, bahwa pemerintah kabupaten harus cepat menyelesaikan polemik itu. Sebabnya mereka tidak ingin permasalahan ini berlarut-larut dan jadi tunggakan yang bisa menjadi bom waktu bagi daerah.

“Kita meminta tim gabungan yang akan turun nanti pada 13-16 Januari 2020 sebagaimana hasil rapat dengar pendapat Senin, 16 Desember 2019 tidak hanya mengecek areal yang berada di luar HGU dan di hamparan sungai saja,”ungkapnya.

Sekaligus lanjut dia, mengecek lokasi yang diduga ada di kawasan hutan. Karena jika itu adanya artinya ada pelanggaran yang dilakukan perusahaan itu. Diketahui, tuntutan warga dalam aksi 16 Desember 2019.

Baca Juga :  Pembangunan Pasar Mangkikit Perlu Dilanjutkan

Di antaranya diantaranya realisasi plasma 20 persen dari lahan inti, lahan di luar HGU yang saat ini dikelola perusahaan agar dikembalikan dan sawit yang ditanam di bibir sungai agar dikembalikan kepada warga. (ahm)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Dewan Dorong Pemkab Kotim Akomodir Kontraktor Lokal

DPRD Kotim

Jalan Lingkar Perlu Perbaikan Jangka Pendek

DPRD Kotim

Komisi I DPRD Kotim Ukur Ulang Lahan Makam

DPRD Kotim

Komisi II Investigasi Kebun Sawit Perusahaan di Bibir Sungai

DPRD Kotim

Banyak Produk Perda Hanya Jadi Kertas Usang

DPRD Kotim

Pasar Daging Lebih Cocok Dialihkan ke UMKM

DPRD Kotim

Dihujani Interupsi, Rapat Pembahasan AKD Berjalan Alot

DPRD Kotim

Dukungan Pembinaan Atlet Daerah Masih Kurang