Home / DPRD Provinsi Kalteng

Jumat, 24 Januari 2020 - 14:41 WIB

DPRD Kalteng Soroti Wacana Penghapusan Tenaga Kontrak

Anggota DPRD Kalteng Purnama Jaya.

Anggota DPRD Kalteng Purnama Jaya.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com  – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) berencana akan menghapus tenaga honorer secara bertahap.

Rencana tersebut mendapat respon dari jajaran DPRD Kalimantan Tengah, pihaknya menyebut hendaknya penghapusan tenaga honorer ini disertai dengan solusi.

“Kebijakan penghapusan tenaga honor dan pegawai tidak tetap ini harus disertai dengan solusi bagaiman kedepan nasib para honorer ini, sehingga tidak menjadi polemik,” ujar Anggota Fraksi PKB Purnama Jaya kepada awak media, Jumat (24/1/2020).

Pemerintah pusat bersama kementerian terkait lanjut dia, mencoba untuk menata ulang birokrasi khususnya tenaga pegawai, melalui penghapusan secara bertahap tenaga honorer. Pemerintah sendiri akan mengganti system tersebut dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga :  Fraksi Golkar Siap Perjuangkan Anggaran Sektor Infrastruktur

“Saya harapkan pergantian ini dapat berjalan maksimal dan dimatangkan agar pelaksanaanya dapat berjalan optimal,”ujarnya.

Menurut dia, keberadaan tenaga honorer saat ini untuk menutupi kekurangan pegawai dalam suatu instansi atau lembaga pemerintah. Peranan mereka juga sudah sangat banyak membantu berbagai kegiatan di instansinya masing-masing. Sehingga penting baginya agar pemerintah dapat memberikan perhatian lebih kepada para tenaga honor ini.

Baca Juga :  Perlu Optimalisasi Sektor Pertanian Kalteng

Jika pemerintah tidak memberikan solusi terhadap persoalan ini, maka tentu saja hal ini akan memunculkan masalah baru seperti pengangguran khususnya di Kalteng.

“Kalau memang penghapusan tenaga honorer itu salah satu upaya pemerintah dalam hal pembenahan birokrasi yang lebih baik tentu kita dukung, hanya saja mereka yang menjadi tenaga honorer juga diperhatikan agar jangan sampai menjadi pengangguran,”pungkasnya. (via)

Disclaimer: Artikel ini di produksi oleh kaltengekspres.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggungjawab kaltengekspres.com.

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Rencana Pembangunan Asrama Mahasiswa Seruyan Ditindaklanjuti

DPRD Provinsi Kalteng

Perjuangkan Nasib Petani Rotan, DPRD Kalteng Sinergi dengan DPRD Kabupaten

DPRD Provinsi Kalteng

Potensi Wisata Kuliner Menjanjikan

DPRD Provinsi Kalteng

Dewan Dukung DAS Barito Jadi Kawasan Penyangga Ibu Kota Negara

DPRD Provinsi Kalteng

Pemerintah Pusat Diminta Kembalikan Kewenangan Izin Galian C ke Daerah

DPRD Provinsi Kalteng

Sekolah Tidak Boleh Membebani Orangtua

DPRD Provinsi Kalteng

Pemerintah Diminta Kelola Irigasi Food Estate

DPRD Provinsi Kalteng

Tindak Tegas PBS Langgar Perda