Home / Pemkab Kobar

Kamis, 16 Januari 2020 - 17:53 WIB

Deklarasi Sehat Bugar Jemaah Haji Kobar

Para CJH Kobar saat mengikuti deklarasi bugar dan sehat Rabu (15/1/2020).

Para CJH Kobar saat mengikuti deklarasi bugar dan sehat Rabu (15/1/2020).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar deklarasi sehat bugar terhadap 125 orang calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) . Kegiatan ini bentuk perlindungan terhadap CJH Kobar agar dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan ketentuan Syariat Islam.

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kobar Samsudin mengatakan, deklarasi ini bentuk penegasan terhadap para calon jemaah haji Kobar terkait menjaga kebugaran dan kesehatan sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah.

Disamping itu, sebagai komitmen dan semangat untuk mengamalkan perilaku gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang dimulai dari diri, keluarga dan dimanapun jemaah berada seiring dengan Inpres No 1 tahun 2017 tentang Germas dan Permenkes No 4 tahun 2019 tentang SPM untuk kesehatan usia produktif, kemudian para lansia yang tergabung dalam jamaah guna mencapai Istithaah sehat bagi CJH Kobar.

Baca Juga :  Pemkab Kobar Salurkan 48 Ekor Hewan Kurban ke Masyarakat

“Isi dari deklarasi ini, yakni  para calon jamaah haji Kobar Tahun 2020 berdoa dan berupaya mewujudkan kesehatan dan kebugaran fisik untuk mendukung istithaah, sehat demi kesempurnaan ibadah. Kemudian bersemangat untuk mengamalkan gerakan masyarakat hidup sehat melalui aktivitas fisik minimal selama 30 menit setap hari, mengkonsumsi gizi seimbang dan mengecek kesehatan secara bersekala untuk kesehatan diri dan keluarga,”ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati Minta SOPD Perbaiki Manajemen Penyerapan Anggaran 2019

Disamping itu lanjut dia, menjalin persaudaraan sesama jamaah untuk senantiasa meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik sepanjang masa untuk bekal pelaksanaan ibadah bersama saling mendukung dan bekerjasama dalam menggerakkan pola hidup sehat bugar dan kuat guna mewujudkan masyarakat yang sehat dimanapun berada.

“Dekalarasi ini dibaca penuh semangat oleh jamah haji, dan siap menjalankan deklarasi ini,
hal ini dilakukan untuk mewujudkan istithaah (kemampuan) kesehatan jemaah haji. Deklarasi ini dilakukan karena kesehatan merupakan satu dari tiga syarat istithaah dalam melaksanakan ibadah haji, yaitu pengetahuan, ekonomi, dan kesehatan,” tandas Samsudin. (yus)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

Kobar Mulai Buka Pendaftaran CPNS 2019

Pemkab Kobar

Ruang Isolasi RSSI Dari 19 Tempat Tidur Terisi 7 Orang PDP

Pemkab Kobar

Diskan Kobar Berdayakan Alat Tangkap Bubu Lipat

Kobar

Tahap Awal Vaksin Covid-19 Disuntikan ke 10 Orang

Pemkab Kobar

Perkuat Imun, Bupati Kobar Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan 

Kobar

Awas, Menimbun Minyak Goreng Siap-siap Diciduk

Pemkab Kobar

Pendatang Dari Daerah Terjangkit Wajib Lapor RT dan Isolasi Diri

Pemkab Kobar

Berambai Makmur Raih Juara II Lomba GSI