Home / Metro Palangka Raya

Rabu, 18 Desember 2019 - 13:43 WIB

Rektor UPR Buka Seminar Nasional Pengelolaan DAS dan Lahan Gambut

Rektor UPR Andrie Elia saat memaparkan sambutannya ketika membuka seminar nasional di Aula Rahan Kampus UPR Rabu (18./12/2019).

Rektor UPR Andrie Elia saat memaparkan sambutannya ketika membuka seminar nasional di Aula Rahan Kampus UPR Rabu (18./12/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Andrie Elia membuka Seminar Nasional dengan Tema Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Lahan Gambut Berkelanjutan Hasil Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat, di Aula Rahan, Rabu (18/12/2019).

Seminar tersebut menghadirkan narasumber diantaranya Ketua LPPM UPR Aswin Usup, Rektor UPR Andrie Elia, Ketua Dewan Riset Nasional yang juga Pakar Gambut Nasional Bambang Supriadi dan Direktur Pemulihan Kerusakan Gambut Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Baca Juga :  Perkelahian di Kafe Berujung Penikaman 

Rektor UPR, Andrie Elia mengatakan, UPR telah melihat DAS dan lahan gambut khususnya di wilayah kampus tersebut perlu adanya pengelolaan yang lebih lanjut.

“Kita berharap pengelolaan DAS serta lahan gambut berjalan dengan baik. Mengingat ekosistem lahan gambut di wilayah UPR merupakan aset yang berharga kedepannya,” kata Andrie.

Selain itu lanjut dia, dengan pengelolaan DAS dan lahan gambut dapat meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terutama saat memasuki musim kemarau, mengingat pada tahun 2019 ini ada sekitar 41 hektar lahan di kampus tersebut yang turut terbakar.

Baca Juga :  Cerita Kartini PLN Jaga Terang Ramadan dan Lebaran Idul Fitri

“Karena itu kita berharap dengan adanya kegiatan seminar nasional ini, selain membuka wawasan keilmuan juga dapat menjadi salah satu bahan acuan dalam membangun kampus UPR serta membangun SDM di Kalimantan Tengah untuk masa yang akan datang,” tandasnya. (ap)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Dua Kurir Sabu Kotim Dibekuk BNNP Kalteng 

Metro Palangka Raya

Disambar Mobil, Ibu dan Anak Nyaris Tewas

Metro Palangka Raya

Pengamen dan Pengelola Wisata Nyaris Baku Hantam

DPRD Kota

Tekan Inflasi, Dewan Kota Dorong Pengawasan Komoditas Sembako

Lintas Kalimantan

Listrik Desa PLN, Hapus Gelap Terangi Hingga Pelosok Negeri

Metro Palangka Raya

Polresta Palangka Raya Musnahkan Puluhan Knalpot Blong 

Metro Palangka Raya

Polda Kalteng Gerebek Rumah Bandar Sabu Puntun, 10 Orang Ditangkap

Metro Palangka Raya

Lahan Dekat Permukiman Warga Terbakar