Home / Pemprov Kalteng

Kamis, 14 November 2019 - 15:51 WIB

Selamat! Kalteng Raih Juara II Kepatuhan PNBP Minerba

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Untuk pertama kalinya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meraih juara II Kepatuhan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Mineral dan Batubara (Minerba) daerah pengelolaan dana bagi hasil.

Provinsi Kalteng berada di urutan kedua dibawah Provinsi Jambi, adapun Penghargaan tersebut diterima Pemprov Kalteng, diwakili oleh Dinas ESDM Provinsi, yang diserahkan oleh Mentri ESDM Arifin Tasrif melalui Direktur Jendral Mineral dan Batubara Bambang Gatot Ariyono, di Jakarta, Selasa lalu.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengatakan, bahwa dengan adanya penghargaan tersebut Pemprov Kalteng harus lebih intens lagi dan terus meningkatkan pengelolaan PNBP dan Minerba kedepannya.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Kembali Raih WTP

“Tentunya dengan penghargaan tersevut kita akan melakukan pengawasan lebih intens lagi terhadap kepatuhan pembayaran royalty maupun kewajiban perusahaan dalam sektor pertambangan di wilayah Kalteng,” ucap Sugianto Sabran.

Diwawancarai terpisah Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalteng, Ermal Subhan mengatakan bahwa penghargaan ini hasil dari PNBP ke negara dengan total Rp 2 triliun lebih tahun 2018 yang lalu.

Baca Juga :  Bertambah 1 Orang, Total 34 Orang Terpapar Covid-19 di Kalteng

“Semuanya itu merupakan hasil kerjasama seluruh komponen atas perintah Gubernur Sugianto Sabran dalam mengarahkan pengawasan ketat terhadap sistem kewajiban sektor pertambangan,” ungkap Ermal, Kamis (14/10/2019).

Sementara untuk tahun 2019 sampai bulan ini sudah mencapai Rp 1,7 triliun dari hasil royalty. Sedangkan tahun 2017 royalty mencapai Rp 1,7 triliun, dan untuk tahun 2016 hanya mencapai Rp 900 miliar lebih, dan tahun 2015 paling rendah yakni Rp 531 miliar. (ap)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Gubernur Dorong Kaum Millennial Dibekali Ideologi Pancasila dan Bela Negara

Pemprov Kalteng

Stunting Berkontribusi Pada Hilangnya 2-3 Persen PDB

Barito

Dinkes Kalteng Pastikan Kesiapan RSUD Muara Teweh Sebagai Rumah Sakit Rujukan

Pemprov Kalteng

Sekda Ajak Perangi Hoax dan Ujaran Kebencian

Kapuas

Gubernur Gelar Rakor Pencegahan Karhutla di Kapuas

Pemprov Kalteng

Gubernur Pimpin Upacara Peringati HUT RI

Nasional

Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut

Pemprov Kalteng

Gubernur Sebut Penabrak Fender Jembatan Kalahien Bakal Dijatuhi Sanksi
error: Content is protected !!