Home / Kobar

Minggu, 3 November 2019 - 08:19 WIB

Ratusan Pemuda Kalteng Ikuti Diklat Pelayaran

Ratusan pemuda saat mengikuti diklat pelayaran Sabtu (2/11/2019).

Ratusan pemuda saat mengikuti diklat pelayaran Sabtu (2/11/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Sedikitnya 357 pemuda yang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan kabupaten tetangga mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) Pemberdayaan Masyarakat Angkatan XXXIII, bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta Dengan KSOP Kumai. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Swiss Belinn Hotel Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar), Sabtu (2/11/2019).

Jumriansyah salah seorang peserta mengatakan, dirinya mengikuti diklat ini berkeinginan menjadi seorang pelaut, yang dapat mengarungi samudra dengan kapal besar. Karena selama ini ia bekerja sebagai seorang nelayan, yang hanya menjalankan atau mengoperasikan kapal – kapal kecil.

Baca Juga :  Polres Kobar Gelar Tatap Muka dengan FKPD dan Tokoh Masyarakat

“Saya ingin juga punya ketrampilan dan berlayar menggunakan kapal besar,” ucapnya kepada awak media.

Sedangkan di dalam diklat ini, pihaknya mendapat berbagai pengetahun dan pendidikan mengenai pelayaran. Seperti halnya, pengetahuan keselamatan di laut yang sesuai standar internasional dan berbagai pengetahuan lainnya. Terutama ilmu tata cara penyelamatan saat kapal mendapatkan kecelakaan.

Baca Juga :  Mulai 6 Mei, Pemudik Dilarang Masuk Kobar

Ditempat yang sama Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai Captain Wahyu Prihanto menyampaikan, diklat pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan SDM generasi muda Kalteng yang berminat untuk menggeluti profesi bidang pelayaran.

“Memberikan kesempatan kepada masyarakat Kalteng untuk memperoleh sertifikasi dalam bidang pelayaran, harapannya peserta pelatihan ini mereka sudah memiliki modal kualifikasi tertentu saat melamar pekerjaan dalam bidang pelayaran,” ujar Wahyu. (yus)

Share :

Baca Juga

Kobar

TNI AD Buka Pendaftaran Bagi Lulusan SMP

Kobar

BKSDA Evakuasi Buaya Kecil Masuk ke Parit

Kobar

TRAGIS!! Karyawan BJAP Tewas Diseruduk Innova

Kobar

Disaksikan Mensos RI, Ratusan PSK Kobar Dipulangkan ke Daerah Asal

Kobar

Bupati Tegaskan Perencanaan Pembangunan Harus Sesuai Visi dan Misi

Kobar

Tim Gabungan Gencar Giat Operasi Yustisi

Kobar

Geger, Wanita Berusia 54 Tahun Ditemukan Tewas di Barak

Kobar

Polres Kobar Gelar Patroli Gabungan Skala Besar