Home / Pemkab Katingan

Senin, 25 November 2019 - 21:57 WIB

Puluhan Jamban Pinggir Parit Bakal Ditertibkan

Kadinkes Katingan, dr Robertus, saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (26/11).

Kadinkes Katingan, dr Robertus, saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (26/11).

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Kelapa Dinas Kesehatan (Dinkes) Katingan dr. Robertus Pramuria, kepada sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya akan menertibkan jamban atau WC di parit-parit kiri dan kanan di ruas Jalan Tjilik Riwut Km 10. Yakni dari arah Bukit Batu Kasongan hingga perbatasan Kasongan -Palangkaraya.

“Disana ada 10 Jamban dipinggir jalan itu akan kita tertibkan, saat ini masih proses sosialisasi dan masyarakat diminta untuk membongkar sendiri,” kata dr Robertus Kadiskes Katingan ini disela -sela acara pengambilan sumpah janji pejabat tinggi pratama lingkup pemkab Katingan, Senin (25/11/2019) di pendopo Rujab Bupati Katingan.

Baca Juga :  Wabup Apresiasi Desa yang Bentuk Pokdarwis

Menurutnya, apabila  dalam satu sampai dua hari kedepan masyarakat tak membongkar jamban/wc dipinggir jalan itu, maka terpaksa akan dilakukan pembongkaran paksa oleh Dinkes bekerja sama dengan aparat Satpol -PP serta pihak Kecamatan dan Desa melakukan pembongkaran paksa.

Pasalnya, menurut dr. Robertus hal ini tidak sehat jamban/WC ditempatkan diparit atau dipinggir jalan apalagi diperuntukan bagi orang- orang yang makan diwarung makan dipinggir jalan itu,” ini nga benar -benar dan tak sehat,” ucapnya.

Baca Juga :  Dampak Covid-19, Pemkab Katingan Pangkas Perjalanan Dinas Rp8 Milyar Lebih

Belum lagi, dari segi pemandangan sangat tidak pas, terlebih lagi jalan Tlik Riwut itu merupakan jalan lintas antar Kabupaten maupun Kabupaten menuju kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah.

“Seharusnya, Jamban/WC itu dibuat dibelakang rumah, secara bersih dan sehat apa lagi untuk toilet umum harus benar- benar bersih, tak boleh kotor ┬áhal ini dilakukan dalam rangka open defikasi free tak boleh buang air besar sembarangan,” ujarnya. (MI)

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Pemkab Katingan Lakukan Seleksi Anggota Paskibra

Pemkab Katingan

Wabup Buka Sosialisasi Kebebasan Berserikat dan Berpendapat

Pemkab Katingan

Bupati Kukuhkan Pengurus FKUB Katingan

Pemkab Katingan

Bupati Katingan Buka Lomba Balita

Pemkab Katingan

Ketua BNN Kalteng Kunjungi Katingan

Pemkab Katingan

Penyusunan RKPD Katingan 2021 Harus Cermat

Katingan

FKUB Katingan Monitoring Delapan Kecamatan

Katingan

5 April Pemkab Katingan Aktifkan Pos Tim Lapangan