Home / Pemkab Kobar

Jumat, 29 November 2019 - 18:52 WIB

Percepat Pembangunan, Bupati Kobar Dorong Pemekaran Provinsi

Bupati  Kobar Hj Nurhidayah saat menyampaikan sambutanya.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat menyampaikan sambutanya.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com РBupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendorong  terwujudnya pemekaran Provinsi Kotawaringin. Karena itu ia mengajak semua elemen masyarakat yang berada di wilayah Kotawaringin untuk bersatu. Lantaran pemekaran ini dalam rangka memberikan pendekatkan pelayanan dan percepatan pembangunan daerah wilayah Barat Kalteng.

“Rencana pemekaran provinsi merupakan upaya untuk mendekatkan serta meningkatkan pelayanan, hingga percepatan pembangunan, pemekaran wilayah ini bukan berarti ingin memisahkan diri dari Provinsi Kalimantan Tengah, namun tetap akan menjadi suatu kesatuan,”ungkap Nurhidayah saat membacakan sambutannya.

Baca Juga :  Pemkab Kobar Dorong Penertiban Calo Tiket Kapal

Nurhidayah menjelaskan, pemakaran ini perlu dilakukan karena mengingat luas wilayah Kalteng. Pasalnya, akses antar kabupaten terutama kabupaten wilayah Barat Kalteng menuju pusat Kota Palangka Raya harus ditempuh berjam-jam.

“Kalau dari Kobar saat ini sudah ada penerbangan menuju Palangka Raya dan bisa ditempuh hanya satu jam. Tetapi kabupaten lainnya untuk mencapai Palangka Raya melalui darat, ada yang jarak tempuhnya 9 jam lebih. Luasnya wilayah ini membuat pembangunan infrastruktur di Kalteng berjalan lambat. Ditambah lagi dengan masih minimnya anggaran bagi kemajuan pembangunan,”ungkapnya.

Baca Juga :  Wabup Kobar Lepas 1.800 Pemudik Gratis

Menurut Nurhidayah pemerintah pusat belum membuka keran moratorium pemekaran wilayah baru, namun setidaknya mulai saat ini masyarakat di wilayah Barat Kalteng telah mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang terutama kelengkapan administrasi,  bagi lima kabupaten di wilayah Barat Kalteng, harus sudah sepakat untuk mewujudkan Provinsi Kotawaringin. (yus)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Benahi Ruas Jalan Menuju Kawasan Sport Center

Kobar

Bupati Kobar Lantik 12 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Pemkab Kobar

Bupati Dukung Kodim 1014 Pangkalan Bun Ikut Lomba Binter

Pemkab Kobar

Kondisi 4 Pasien Positif Covid-19 Mulai Membaik

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Gelar Pawai Kirab Adipura ke 12

Pemkab Kobar

Pemprov Kalteng Bakal Kucurkan Rp 25 Miliar Untuk Pembangunan WFC Kobar

Pemkab Kobar

Makin Meluas, Positif Covid-19 di Kobar Menjadi 27 Orang

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Bentuk Tim Yustisi Pungutan Pajak Galian C