Home / Kobar

Senin, 4 November 2019 - 17:26 WIB

Penadah Ponsel Curian Diganjar 10 Bulan Penjara

Terdakwa saat menjalani sidang vonis.

Terdakwa saat menjalani sidang vonis.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Daniel Soi, hanya bisa tertunduk pasrah saat dijatuhi hukuman 10 bulan penjara oleh majelis hakim (MH) Pengadilan Negeri (PN) Pangkalan Bun, karena terbukti telah melakukan penadahan, Senin (4/11/2019). Ironisnya, penadahan yang dilakukan pelaku ini hanya menerima pembayaran hutang dari hasil curian yang dilakukan pelaku pencurian ponsel.

Ketua Majelis Hakim Heru Karyono menjatuhi hukuman 10 bulan penjara karena terdakwa terbukti secara sah, telah melakukan tindak pidana penadahan, dalam Pasal 480 ke-1 KUHPidana.

“Putusan tersebut berdasarkan atas pertimbangan ketua majelis hakim, dan dikurangi selama masa penahanan,” ucap Heru Karyono.

Baca Juga :  Sempat Dinyatakan Hilang, Dua Turis Asing dan Guide Akhirnya Ditemukan

MH lanjut dia, meminta kepada terdakwa untuk membayar biaya perkara sebesar Rp 5 ribu rupiah, dan memberikan pesan kepada terdakwa, agar tidak mengulangi perbuatannya kembali.

“Adapun untuk ponsel Oppo F7 Youth dikembalikan kepada saksi Asari selaku pemilik,” ungkapnya.

Mendengar putusan dari majelis hakim, terdakwa Daniel Soi pasrah dan menerima.

Untuk diketahui, kejadian pencurian ponsel ini terjadi Januari 2019 di Cafe Lelet yang berada di Desa Karang Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng. Berawal saat pelaku pencurian  Saptores Riki (berkas terpisah) telah melakukan tindak pidana pencurian, di ruangan Merpati dan Nuri Puskesmas Semanggang Kecamatan Pangkalan Banteng.

Baca Juga :  Padamkan Api, BPBD Kobar Kerahkan Helikopter

Kemudian Saptores bertemu dengan terdakwa Daniel Soi dan menunjukkan 2 unit Ponsel hasil curiannya, lalu terdakwa mengatakan kepada Saptores ingin memilki salah satu HP hasil pencurian tersebut yaitu 1 (satu) Unit HP merk OPPO F7 Youth warna Hitam.

Karena sebelumnya Saptores memiliki hutang kepada terdakwa sebesar Rp. 700.000 ,- (Tujuh Ratus Ribu Rupiah), sehingga dengan diberikannya HP tersebut, hutang Saptores Riki dianggap Lunas oleh terdakwa Daniel Soi. (yus)

Share :

Baca Juga

Kobar

Dua Hari, Pantai Kubu Dipadati Pengunjung

Kobar

Nelayan Temukan Mayat Mengapung di Perairan TNTP

Kobar

Pengurus FPI Kobar Diisukan Terbentuk

Kobar

Antar Paket Sabu, Kurir Tak Berkutik Dibekuk Polisi

Kobar

BNNK dan Polres Kobar Usut Jaringan Pemasok 1,2 Kg Sabu

Kobar

Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg di Kobar Bakal Diselidiki Tim Gabungan

Kobar

KPUD Kobar Sosialisasi Pemilu Damai 2020 

Kobar

Satlantas Polres Kobar Mulai Giat Operasi Patuh Telabang
error: Content is protected !!