Home / Pemkab Kobar

Selasa, 19 November 2019 - 14:35 WIB

Pemkab Kobar Raih Penghargaan Kabupaten Sehat

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat memperlihatkan piala dan piagam penghargaan Kabupaten Sehat ketika poto bersama seusai menerima Selasa (19/11/2019).

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat memperlihatkan piala dan piagam penghargaan Kabupaten Sehat ketika poto bersama seusai menerima Selasa (19/11/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) kembali meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini penghargaan yang diraih dibidang kesehatan, yakni penghargaan Swasti Saba atau Kabupaten/Kota Sehat.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kepada Bupati Kobar Hj Nurhidayah di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Diraihnya penghargaan ini, menjadikan Kabupaten Kobar sebagai kabupaten/kota pertama di Provinsi Kalimantan Tengah yang meraih penghargaan tersebut.

Bupati mengatakan, bersyukur atas diraihnya penghargaan ini. Menurut dia, penghargaan ini bukan hanya milik Pemkab Kobar namun untuk seluruh masyarakat Kobar. Bupati berharap ke depan akan terus mempertahankan serta meningkatkan prestasi tersebut.

“Saya juga mengapresiasi tim yang terlibat dan telah bekerja, bersinergi bersama pemerintah daerah, tak lupa juga terima kasih saya ucapakan kepada seluruh elemen masyarakat Kobar yang telah mendukung kami, ini adalah keberhasilan kita bersama,” ungkap Nurhidayah.

Baca Juga :  Pemkab Kobar Serahkan LKPD 2018

Menurut dia, kabupaten sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan pemerintah daerah (lintas sektor) dengan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial kabupaten/kota.

Untuk tingkat kabupaten lanjut dia, tim dimotori oleh Forum Kabupaten Kobar Sehat yang mensinergikan program-program pembangunan agar berwawasan kesehatan. Sementara di tingkat kecamatan dipandu oleh Forum Kecamatan Sehat, dan di desa oleh Forum Desa Sehat.

“Perlu diketahui bahwa penilaian kabupaten sehat lebih berfokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir melalui Forum Kabupaten Kobar Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Forum Desa Sehat serta dukungan sektor terkait,”paparnya.

Baca Juga :  Bupati Dukung Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalteng

Sementara itu Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar  yang juga mewakili Tim Kabupaten Kobar Sehat (KKS) Samsudin mengatakan, penghargaan yang diraih Pemkab Kobar ini merupakan hasil kerja keras seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kobar, dalam mewujudkan masyarakat Kobar yang sehat dan mandiri.

“Keberhasilan ini juga merupakan spirit gerakan membangun Kobar melalui kerja nyata dan ikhlas sebagai upaya bersama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,”kata Samsudin.

Samsudin menambahkan, bahwa momentum meraih penghargaan pertama kali di Kalteng ini diharapkan jadi penyemangat yang kuat bagi tiga pelaku utama penyelanggara kabupaten/kota sehat di Kobar. Yakni unsur pimpinan daerah, Forum Kabupaten Kobar Sehat (KKS) dan Tim Pembina SOPD.

“Kita berharap keberhasilan meraih penghargaan ini bisa menjadi semangat dan guiden dalam melaksanakan pembangunan berwawasan kesehatan di Kobar,” tandasnya. (hm)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

Puluhan Nelayan Kobar Terima Bantuan Budidaya Perikanan

Pemkab Kobar

Ruang Isolasi RSSI Dari 19 Tempat Tidur Terisi 7 Orang PDP

Pemkab Kobar

Bupati Intruksikan Camat dan Lurah Awasi Lingkungan

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Terima Bantuan 50 Ribu Masker Gratis Dari Gubernur Kalteng

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Bakal Terapkan Standar Pelayanan

Pemkab Kobar

Sapras Pendidikan Harus Ditingkatkan

Pemkab Kobar

Waspada, Pasien Positif Covid-19 Kobar Bertambah 8 Orang

Pemkab Kobar

Antisipasi Naiknya Harga Sembako, Pemkab Kobar Siap Gelar Operasi Pasar
error: Content is protected !!