Home / Pemkab Kobar

Selasa, 5 November 2019 - 19:01 WIB

Lestarikan Kuliner Daerah, Kobar Gelar Mehampar Wadai

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat menghadiri kegiatan mehampar wadai Selasa (5/11/2019).

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat menghadiri kegiatan mehampar wadai Selasa (5/11/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Komunitas Perempuan Adat Himpunan Juriat Pangeran Ratu dan Dinas Pariwisata Kobar menggelar kegiatan mehampar wadai (kue) di Jalan Prakusumayuda Selasa (5/11).

Acara yang dihadiri langsung Bupati Kobar Hj Nurhidayah ini, meriah karena menyajikan sebanyak 7000 wadai yang diperebutkan secara gratis. Kegiatan ini merupakan tahun keempat. Dimana setiap tahun acara tersebut berlangsung meriah. Karena banyak masyarakat yang menantikan wadai yang hadir dalam setiap prosesi adat Kutaringin.

Adapun jenis wadai yang di hampar ini diantaranya wadai Cincin, Jorong, Kekicak, Pepare, Rangai, Apam Peranggih, Kambang Goyang, Roti Hampas, Pais labu, Tetole, Wajik, Ilat Sapi, Cucur, Sunduk Lawang dan masih banyak lagi.

Ambok Salamah salah satu Perwakilan Perempuan Adat mengatakan, kegiatan mehampar wadai ini terus di gelar setiap tahun. Bahkan jumlah wadai yang di hampar setiap tahunnya juga terus bertambah banyak.

Baca Juga :  Bupati Keluarkan Perbup ASN Kobar Wajib Sampaikan LHKPN ke KPK

“Wadai yang di hampar ini merupakan wadai yang hadir di setiap acara adat kutaringin, baik itu acara tujuh bulanan, acara beayun anak, acara nikahan hingga acara duka orang meninggal. Dimana wadai ini kita hadirkan di acara kuliner mehampar wadai, ” katanya.

Hanya lanjut dia, belakangan wadai ini jarang di temui, karena masyarakat lebih memilih menggunakan kue kekinian. Oleh karena itu komunitas Perempuan Adat Himpunan Juriat Pangeran Ratu menginisiatif untuk melestarikan wadai tersebut melalui menjaga wadai. Sehingga kegiatan ini untuk melestarikan kuliner tradisional yang sudah jarang di temui.

Baca Juga :  Digagas Modern, Pembangunan WFC Tetap Mengacu Budaya Lokal

“Biasanya setiap acara adat ada 40 jenis wadai yang di siapkan. Namun dalam acara mehampar wadai kali ini ada 60 jenis wadai yang kita buat karena spesial bertepatan dengan HUT ke 60 Kabupaten akbar,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyambut baik acara mehampar wadai keempat. Karena acara ini awalnya di inisiasi oleh komunitas perempuan adat di Kobar dan pelaksanaannya di menggendeng Dinas Pariwisata.

“Acara mehampar wadai ini salah satu agenda rutin yang di gelar dalam rangka menunjang wisata kuliner. Kegiatan seperti ini harus kita dukung agar wisata Kobar bisa lebih maju,”kata Bupati. (yus)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

e-Parkir Segera Diberlakukan di RSUD Imanuddin Pangkalan Bun

Pemkab Kobar

Pawai Karnaval Warnai Peringatan Hari Pertempuran Kumai

Pemkab Kobar

Dishub Kobar Imbau Pemudik Gratis Pulang Lebih Awal

Pemkab Kobar

Komitmen Kembangkan Wisata Melalui Peningkatan Infrastruktur

Pemkab Kobar

Update Covid-19 Kobar, Bertambah 1 Orang Positif, 23 Orang Sembuh

Pemkab Kobar

Penyebab Puskesmas Madurejo di-Lockdown, Ini Kata Bupati Kobar

Pemkab Kobar

Kodim 1014/Pangkalan Bun Sumbang APD ke Pemkab Kobar

Pemkab Kobar

Keluhan Warga Ditanggapi Kadispar Kobar
error: Content is protected !!