Home / Pemprov Kalteng

Selasa, 19 November 2019 - 11:07 WIB

Komoditas Perkebunan Era Sohib Mengalami Pertumbuhan

Jumpa pers yang digelar oleh Disbun Kalteng pada Selasa (19/11/2019).

Jumpa pers yang digelar oleh Disbun Kalteng pada Selasa (19/11/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sejumlah komoditas perkebunan di era kepemimpinan Sugianto Sabran – Habib Ismail bin Yahya (SOHIB) mengalami trend pertumbuhan positif. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah (Disbun Kalteng), Rawing Rambang dalam jumpa pers yang dilaksanakan pada Selasa (19/11/2019).

“Keberhasilan pembangunan perkebunan di Kalteng tentunya didorong oleh pak Gubernur, kami melaksanakan apa yang menjadi intruksi dari beliau,” ucap Rawing.

Rawing mengatakan, pertumbuhan di sektor perkebunan meliputi berbagai variabel diantaranya luas areal, produksi, produktivitas dan jumlah tenaga kerja mulai dari tahun 2016 hingga 2019.

Baca Juga :  Jadikan Hari Sumpah Pemuda Sebagai Momen Tingkatkan Persatuan

Untuk Kelapa Sawit (CPO) secara luas areal mengalami pertumbuhan 4,5 persen, dari segi produksi 13,6 persen, produktivitas sebesar 7,7 persen dan jumlah tenaga kerja dengan pertumbuhan sebesar, 9,8 persen.

Kemudian komoditas karet mengalami pertumbuhan secara luas wilayah sebesar 1,7 persen, dari segi produksi 12,7 persen, produktivitas dengan pertumbuhan 23,6 persen dan jumlah tenaga kerja sebesar 0,57 persen.

Kelapa Dalam mengalami pertumbuhan areal sebesar 17,6 persen, dari segi produksi 0,55 persen kemudian dari segi produktivitas 6,2 persen dan segi tenaga kerja alami 6,2 persen.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Dukung Kelembagaan JIGN Diperkuat

Sedangkan komoditas Kopi mengalami pertumbuhan dari segi wilayah seluas 47,7 persen dari segi produksi 19,5 persen, dari segi produktivitas 14,5 persen dan dari segi tenaga kerja sebesar 12,2 persen.

Komoditas Kakao secara luas wilayah sebesar 56,7 persen kemudian produksi sebesar 80,2 dan produktivitas 58,4 persen serta dari segi tenaga kerja 38,7 persen.

Terakhir dari komoditas Lada sebesar 4,5 persen dari segi wilayah kemudian dari segi produksi sebesar 7 persen serta produktivitas sebesar 57,3 dan segi tenaga kerja sebesar 3,8 persen. (ap)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Bakal Evaluasi Kinerja ASN

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Berikan Wartawan 300 Lembar Lebih Masker

Pemprov Kalteng

Hari Pertama Kerja, Wagub Kalteng Sidak Sejumlah Kantor SOPD

Pemprov Kalteng

Gubernur Paparkan Progres PSN Food Estate Bersama Menhan

Pemprov Kalteng

Penggunaan Dana Hibah Harus Efektif dan Efesien

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Apresiasi Eksistensi TP-PKK Provinsi Kalteng

Pemprov Kalteng

Gubernur Gusar Banyak Kendaraan Non Pelat KH Tak Patuhi Aturan

Pemprov Kalteng

Dinas Pariwisata Kembangkan Wisata Kalteng