Home / Barito

Senin, 18 November 2019 - 20:55 WIB

Komisi II Usulkan Raperda Retribusi Bongkar Muat di Pelabuhan

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi II DPRD Barito Selatan (Barsel) Ensilawatika Wijaya mengutarakan bahwa setelah pihaknya melakukan study banding ke Dinas perhubungan Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) Kamis (14/11/2019) dan Jumat (15/11/2019) lalu, masih banyak potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bisa digali, salah satunya terkait retribusi jalan dan pelabuhan di Barsel.

“Melihat peluang yang ada di daerah kita, Agar potensi PAD, bisa lebih maksimal, maka Komisi II DPRD berencana melakukan inisiatif untuk mengusulkan kepada badan pembentukan peraturan daerah (bapemperda) terkait Raperda baru tentang retribusi bongkar muat di pelabuhan yang ada di bantaran sungai barito,”kata Ensilawitika Wijaya kepada Kalteng Ekspres.com, Senin (18/11/2019).

Baca Juga :  Satgas TMMD Kodim 1012/BTK Beri Penyuluhan Kesehatan Kepada Warga Sibung

Ensila mengatakan, rencana usulan Raperda baru itu dianggap perlu, mengingat saat ini, penerimaan daerah di sektor pajak retribusi penggunaan jalan dan pelabuhan dari angkutan, khususnya truk tangki Crude Palm Oil (CPO) milik perusahaan yang setiap saat melintas di jalan utama kota Buntok hingga pelabuhan, tidak sebanding pemasukan untuk daerah. Terutama jika banding dengan besarnya biaya perawatan jalan dan pelabuhan yang harus ditanggung oleh daerah.

“Berdasarkan data yang kita dapat, pendapat daerah dari truk tangki CPO sangat kecil atau sekitar Rp.2.000/ton, atau tidak sebanding dengan dampak yang ditimbulkan, karena jalan utama di Barsel cepat rusak, apalagi muatan yang dibawa diduga ada diantaranya diatas tonase yang di perbolehkan,”ujarnya.

Baca Juga :  Sering Hujan, Satgas TMMD dan Warga Sigap Amankan Material

Ditambahkan Politisi PDIP ini lagi, agar Raperda yang akan diusulkan nanti, bisa cepat teralisasi maka dalam waktu dekat ini komisi II akan melakukan koordinasi dengan SOPD terkait.

“Bersama sama dengan SOPD terkait, kita bisa menentukan nilai retribusi jalan dan pelabuhan yang bisa di tetapkan oleh daerah agar sesuaikan dengan perhitungan teknis, sehingga sebanding dengan dampak yang ditimbulkan,” pungkasnya. (rif)

Share :

Baca Juga

Barito

Jadi Bandar Togel, Istri Kades Terusan Diciduk Polisi

Barito

Pengedar Sabu Desa Sikui Diringkus Polisi

Barito

PN Buntok Gelar Sidang Praperadilan Kasus Suap Proyek Multiyears

Barito

Kisruh Kasus Pencemaran Berujung ke Internal Partai

Barito

Percepat Pekerjan, Satgas TMMD Tambah Satu Unit Vibro

Barito

PT KSL Kembali Sosialisasi Plasma Ke Warga Bartim

Barito

BPKAD Barsel Programkan Pembayaran PAD Secara Elektronik

Barito

Pasar Pendopo Muara Teweh Berkobar