Home / Pemkab Katingan

Senin, 18 November 2019 - 14:46 WIB

Ketua Dekranasda Katingan Buka Pelatihan Membatik

KASONGAN, KaltengEkspres.com– Ketua Dewan Kerajinan Nasional Derah (Dekranasda) Kabupaten Katingan, Ny.Daurwati Sakariyas membuka secara resmi kegiatan pelatihan membatik di Kecamatan Katingan Hilir.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro (UKM) Perdagangan dan perindustrian Kabupaten Katingan, digelar di Aula Hotel Katingan Kasongan, Senin (18/11/2019).

Daurwati mengatakan, batik merupakan karya seni, batik juga merupakan warisan budaya, batik dulu hanya digunakan di kalangan kerajaan saja, seiring perkembangan zaman batik sering digunakan dalam kegiatan pemerintahan.

“Kita berharap dapat memberikan pengalaman dan pegentahuan baru bagi peserta dan mampu meningkatkan perekonomian rumah tangga,”ungkapnya saat mennyampaikan sambutan.

Baca Juga :  Wakil Bupati Buka Kegiatan Fasilitasi Dalam Penggunaan Dana Desa

Dirinya berharap, agar peserta pelatihan membatik dapat mengikuti kegiatan pelatihan membatik ini dengan sebaik baiknya, diharapakan pula transper ilmu membantik ini benar- benar dapat diterapkan dalam mengembangkan batik khas Katingan.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UMK, Perdanganan dan Perindustrian, diwakili oleh Sekretaris Nurmakiyah, pelatihan membantik diberikan kepada masyarakat diharapkan menambahkan wawasan dan pengetahuan tentang batik di lokal Katingan.

Ia menjelaskan, bahwa batik bertraformasi berbagai di berbagai lapisan masyarakat baik sebaga fhasion, dan industri batik menguasai pasar dunia sebagai pengerak ekonomi masysrakat, batik juga serbagai ciri dan motif batik masing- masing daerah memiliki, begitu pula Katingan memiliki batik sendiri.

Baca Juga :  Pembukaan Akses Jalan Poros Selatan Dinanti Masyarakat

“Melalui pelatihan ini, diharapkan Katingan dapat mengembangkan usaha membatik.Seperti halnya digunakan pada hari Kemis dan Jumat, batik juga digunakan untuk memeriahkan suatu acara.” ucapnya.

Sedangkan Ketua Panitia Pelatihan membatik Feri Permana mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini yakni, guna melakukan pembinaan UMKM diKatingan.

Kemudian melalui kegiatan membatik dapat maju berkembang dikatingan, guna meningkatkan dan memberdayakan membatik lokal katinganpeserta sebanyak 10 orang dengan instruktur pelatihan didatangkan dari balai besar pelatihan batik Yoygkarta.

“Kegiatan pelatihan membatik diikuti 10 orang mulai18- 22 Noprmber 2019,” jelasnya. (MI)

Share :

Baca Juga

Pemkab Katingan

Kapolres Pimpin Apel Kemanusian, Sekaligus Pendistribusian Sembako

Pemkab Katingan

Disperindagkop dan UMKM Selalu Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar

Pemkab Katingan

Wabup Sunardi Serahkan Bantuan PKD di Katingan Kuala dan Mendawai

Katingan

ODP di Katingan Mencapai 30 Orang

Katingan

Bertambah, ODP di Katingan Mencapai 42 Orang

Pemkab Katingan

Seleksi CPNS Katingan Diikuti 1.359 Peserta

Pemkab Katingan

Bupati Serahkan PKD Simbolis ke Camat Katingan Hilir

DPRD Provinsi Kalteng

Sekda Katingan Terima Kunker Komisi III DPRD Kalteng
error: Content is protected !!