Home / DPRD Kota

Kamis, 21 November 2019 - 14:04 WIB

Ini Kata Dewan Terkait dengan Rasionalisasi APBD

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Menyusul adanya informasi bahwa DPRD Kota Palangka Raya melakukan rasionalisasi APBD, Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto mengatakan, bahwa informasi tersebut perlu diluruskan.

“DPRD tidak merasionalisasi, tetapi pengajuan dari SKPD, SOPD, baik melalui TAPD kota Palangka Raya itu sudah seperti itu. Jadi tidak ada DPRD merasionalisasi dan itu yang perlu disampaikan,” ucap Sigit saat dikonfirmasi, Kamis (20/11/2019).

Sigit menjelaskan, bahwa DPRD hanya mengingatkan hal-hal apa saja yang perlu dialokasikan itu harus dialokasikan dan jika ada pengurangan maka TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) yang melakukan pengurangan dipersilahkan saja asal tidak mengganggu kegiatan inti.

Baca Juga :  Generasi Muda Diminta Berpartisipasi Kembangkan Pariwisata

Dia mencontohkan seperti belanja tidak langsung yang sudah menjadi rutinitas seperti gaji pegawai, hal tersebut menurutnya jangan sampai hanya dialokasikan selama 6 bulan, lalu menunggak enam bulannya lagi menurutnya itu tidak boleh.

“Kalau untuk gaji, alokasi anggaran wajib full untuk satu tahun,” tegas politisi PDIP tersebut.

Baca Juga :  Dewan Dukung Swab dan Rapid Pelanggar Prokes

Selanjutnya yang berhak melakukan rasionalisasi anggaran tambah Sigit, adalah TAPD kota Palangka Raya. Kemudian TAPD inilah yang mengajukan kepada DPRD dan selanjutnya DPRD memberikan masukan dan saran terkait dengan kegiatan-kegiatan yang wajib dilakukan.

Menurut Sigit, saat ini terkait dengan rasionalisasi sedang dibahas oleh komisi-komisi yang ada di DPRD, kemudian baru nanti akan disampaikan di Badan Anggaran (Banggar) lalu akan dibahas bersama. (ap)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Infrastruktur Pendidikan Perlu Perhatian

DPRD Kota

Awasi Pendistribusian Pangan Selama Ramadan

DPRD Kota

Kelangkaan BBM Harus Bisa Diatasi

DPRD Kota

Pemkot Palangka Raya Diminta Gali Potensi PAD

DPRD Kota

Dewan Minta Pelajar Giat Belajar Jelang Ulangan

DPRD Kota

Komisi C Kunjungi RSUD Kelurahan Kelampangan

DPRD Kota

Dewan Selaraskan Hasil Musrenbang dan ResesĀ 

DPRD Kota

Dewan Dorong Percepatan Vaksinasi