Home / Pemprov Kalteng

Jumat, 1 November 2019 - 13:49 WIB

Gubernur Tekankan Perlunya Peningkatan Gizi Ibu dan Anak

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Kamis (31/10/2019).

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Kamis (31/10/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menekan perlunya peninkatan status gizi dan kesehatan ibu dan anak. Pasalnya, hal ini merupakan penentu kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat Kalteng ke depannya.

“Status gizi dan kesehatan ibu pada masa pra hamil saat kehamilan dan menyusui merupakan periode yang sangat kritis atau yang kita kenal dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Begitu juga dengan status gizi remaja putri atau pra nikah memiliki kontribusi besar pada kesehatan dan keselamatan kehamilan serta kelahiran,”ungkap Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Teknis Kesehatan Kamis (31/10/2019).

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Minta Pemulihan Perekonomian Harus Berjalan

Menurutnya, periode 1000 HPK ini merupakan periode sensitif karena akibat yang ditimbulkan terhadap bayi pada masa ini akan bersifat permanen dan tidak dapat dikoreksi. Ini berakibat pada rendahnya produktifitas ekonomi.

“Jika SDM kita tidak berkualitas, otomatis tidak bisa bersaing dengan bangsa lain, mengingat persaingan global semakin wajib diperhitungkan dengan kualitas kemampuan individu. Pengaruhnya adalah minimnya penghasilan dan perputaran ekonomi di sekitarnya. Harapan kita tentunya hal seperti itu tidak akan terjadi. Masyarakat Kalimantan Tengah harus sehat, cerdas dan kreatif sehingga kita bisa bersama-sama bersatu membangun Kalteng Berkah,”kata Fahrizal Fitri.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Tetapkan Status Siaga Darurat Virus Corona

Ia menjelaskan, saat ini sebuah tantangan besar masih perlu kita jawab. Upaya pencapaian target MDG’s di tahun 2015 masih belum optimal dan akan dilanjutkan dengan upaya-upaya pencapaian SDG’s. Khusus untuk sektor kesehatan, perbaikan gizi masyarakat menjadi salah satu targetnya sebagai upaya mencapai komitmen global serta peningkatan kualitas SDM ke depan. (as/adv)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Ketua TP-PKK Kalteng Ajak Masyarakat Cintai Panganan Lokal

Pemprov Kalteng

Kwarda Kalteng Dorong Peningkatan Kualitas dan Mutu Kepramukaan

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Hadiri Rakor Penanganan Lanjutan Covid-19

Pemprov Kalteng

Biro Aset Kalteng Harus Dipisah Dengan Biro Keuangan

Pemprov Kalteng

Penggunaan Dana Hibah Harus Efektif dan Efesien

Pemprov Kalteng

Menteri Perhubungan Pantau Kesiapan Sarpras Pendukung Food Estate

Pemprov Kalteng

Peserta Lulus CPNS TA 2019 Diminta Segera Lengkapi Berkas Persyaratan

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Salurkan Bantuan Sosial Bagi Pelajar
error: Content is protected !!