Home / Metro Palangka Raya

Minggu, 17 November 2019 - 12:41 WIB

BRG Gelar Kemah Pemuda Peduli Gambut di TN Sebangau

Kepala BRG RI Nazir Foead saat berfoto bersama dengan peserta Kemah Pemuda Peduli Gambut 2019.

Kepala BRG RI Nazir Foead saat berfoto bersama dengan peserta Kemah Pemuda Peduli Gambut 2019.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Sebanyak 31 orang generasi millennial dari seluruh penjuru Indonesia mengikuti Youth Camp atau Kemah Pemuda Peduli Gambut yang diselenggarakan oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) di Taman Nasional Sebangau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang digelar sejak tanggal 15 – 18 November 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana edukasi dan sosialisasi terhadap upaya restorasi gambut yang sudah dan tengah dilakukan BRG. Tujuannya, agar para pemuda mengenal langsung dan mencintai ekosistem gambut tropis di Kalimantan Tengah.

Acara tersebut mengangkat tema “Keseruan Hidup di Alam Gambut Tropis”, BRG mengajak 19 anak muda berusia 17 – 25 tahun yang berasal dari kota-kota besar seperti Aceh, Jabodetabek, Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Lampung dan Makassar, 12 pemuda berasal dari provinsi prioritas restorasi BRG, 5 peserta terpilih dari Kalimantan Tengah serta 7 orang Fasilitator Desa (Fasdes).

Baca Juga :  Suami Istri Sepakat Tutupi Kematian Anak Kandung

Kepala Badan Restorasi Gambut, Nazir Foead yang hadir pada acara pembukaan Kemah Pemuda mengatakan,  generasi millennial memiliki segudang potensi tidak terbatas yang dapat bermanfaat bagi upaya restorasi ekosistem gambut berkelanjutan.

“Peran generasi ini sangat krusial untuk melanjutkan upaya restorasi yang sudah dilaksanakan saat ini agar berdampak positif di kemudian hari,”kata Nazir Foead, Sabtu (16/10/2019).

Maka dari itu lanjut dia, sebagai bagian dari investasi SDM baik dan handal yang dibutuhkan dalam upaya restorasi gambut, BRG terus berupaya meningkatkan keterlibatan generasi millennials dan memupuk rasa cinta mereka kepada ekosistem gambut tropis Indonesia yang kaya.

Para peserta Kemah Pemuda ini tambah dia, telah melalui proses seleksi terbuka, yang dipilih berdasarkan keberagaman domisili dan karya tulis berisi motivasi mereka untuk memperdalam pengetahuan tentang ekosistem gambut.

Baca Juga :  Lagi, Dua Budak Sabu Palangka Raya Diringkus Polisi

Sementara itu dalam kegiatan Kemah Pemuda tersebut, para peserta mendapatkan pengarahan dari sejumlah pemangku kepentingan di bidang restorasi gambut, antara lain Kepala BRG Nazir Foead, Kepala Balai Taman Nasional Sebangau, Kepala Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Kalimantan Tengah, Pemkab Katingan dan Pemkab Pulang Pisau.

Selain itu para peserta Kemah Pemuda juga diajak untuk mengetahui beragam program pemulihan ekosistem gambut yang telah dilaksanakan BRG, eksplorasi alam Taman Nasional Sebangau, mengunjungi sumur bor yang dibangun oleh BRG di Desa Buntoi, dan mengunjungi guest house yang menjadi bantuan BRG dalam program revitalisasi ekonomi pemberdayaan masyarakat di Camp Talali untuk mendukung wisata ekosistem gambut. (ap)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Terseret Arus Sungai, Mahasiswa UGM Hilang Tenggelam

Metro Palangka Raya

Dua Budak Sabu Puntun Diringkus Polisi

Hukum Kriminal

Berkerumun dan Tidak Memakai Masker Ojol Dibubarkan Polisi

Barito

Warga Barut Tewas Ditikam Tetangganya

Metro Palangka Raya

Dikira Hantu, Penampakan Benda Ini Sempat Hebohkan Warga Palangka Raya

Metro Palangka Raya

Modus Jadi Mualaf, Pria Berambut Cepak Ini Tipu Ustad

Metro Palangka Raya

Enam Pejudi Ditangkap Polisi Saat Berupaya Kabur

Metro Palangka Raya

Asyik Pesta Miras, Lima Pria Diciduk Polisi 
error: Content is protected !!