Home / Barito

Senin, 11 November 2019 - 17:30 WIB

Bobol Tempat Kerja Sendiri, Pegawai Alfamart Diringkus

Teks foto: Tersangka Bram Dwitren (24) saat diamankan aparat Kepolisian Sektor Dusun Selatan, Minggu (10/11/2019).

Teks foto: Tersangka Bram Dwitren (24) saat diamankan aparat Kepolisian Sektor Dusun Selatan, Minggu (10/11/2019).

BUNTOK, KaltengEkspres.com  Seorang Karyawan Alfamart berinisial BD (24), diringkus Tim Gabungan Reskrim Polsek Dusun Selatan yang diback up unit Buser Polres Barito Selatan (Barsel). Pemuda ini ditangkap karena terlibat pencurian di Toko Alfamart (PBTK-1GX1) tempatnua bekerja, yang terletak di Jl.Pahlawan, Kelurahan Buntok Kota, Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barsel.

Pelaku diamankan, Minggu, (10/11/2019) sekitar pukul 01.00 WIB. Penangkapan ini berawal dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan sakso serta analisa CCTV.

Petugas menemukan banyak kejanggalan dalam motif pencurian ini sehingga akhirnya memperoleh petunjuk yang mengarah kepada pelaku.

“Pada saat dilakukan interogasi, akhirnya pelaku tidak bisa mengelak dan mengakui telah melakukan pencurian seorang diri karena terhimpit masalah utang dan ekonomi. Kemudian dilakukan interogasi lanjutan, pelaku lalu menunjukan dimana keberadaan sisa barang bukti uang benditan yang sebenarnya disembunyikannya dan tempat membuang barang bukti gembok dan anak kunci serap toko AlfaMart dibuang,” terang Kapolsek Dusel IPDA Abi Karsa SH kepada Kalteng Ekspres.com, Senin (11/11/2019).

Dikatakan Abi Karsa, pelaku melakukan aksinya pada Kamis (7/11/2019) sekitar pukul 01.00 Wib, berangkat dari rumah dengan menggunakan sepeda motor Honda Supra warna biru.Sesampai di TKP lalu berhenti dan memarkir sepeda motornya diseberang jalan pahlawan yg berjarak sekitar 100 meter dari toko AlfaMart, lalu menyebrang jalan menuju toko tempat pelaku bekerja, setibanya didekat pintu AlfaMart pelaku lalu berjalan agak merapat keroling door Alfamart untuk menghindari pantauan CCTV .

Baca Juga :  Pengamparan Sirtu Ditargetkan  Selesai H-2 Sebelum Penutupan TMMD

“Setibanya di depan pintu Rolling Door, pelaku lalu membuka 2 buah gembok yang mengunci pintu rolling Dor toko, pelaku lalu masuk menuju kearah panel listrik untuk mematikan Listrik yang berada didalam toko,” terangnya.

Setelah menunggu sekitar 15 menit dengan menggunakan Stop Watch yang ada di hpnya untuk memastikan bahwa UPS CCTV mati total, pelaku mengetahui bahwa CCTV didalam Toko sudah tidak aktif, pelaku lalu masuk kedalam toko dan menuju kearah meja Kasir dan mengambil kunci brankas yang digantung oleh kepala Toko didekat meja kasir.

“Setelah mendapatkan kunci, pelaku bergegas masuk dan membuka pintu brankas dengan menggunakan kunci yang sudah ada dengannya untuk mengambil uang hasil sale hari itu dan mengambil semua uang benditan,lalu pergi kabur dengan membawa semua yang telah diambilnya,” ujarnya.

Setelah menggasak brangkas, pelaku bergegas keluar dan pulang kerumahnya dijalan panglima Batur Gang Terminal, sesampainya didepan rumahnya pelaku lalu membuang 2 buah gembok dan anak kuncinya kedalam selokan didepan rumah pelaku. Kemudian uang hasil curian tersebut disimpan pelaku.

Baca Juga :  Monitoring Hari Ketiga Komisi II DPRD Sambangi Karau Kuala

Kemudian pada Jum’at, (08/11/2019) SKJ. 20.30 Wib karena merasa ketakutan pelaku lalu mengambil uang hasil curian tersebut dan dimasukan kedalam plastik,tapi sebelumnya pelaku sempat menyisihkan uang hasil Benditan sebanyak Rp.15.935.000, kemudian uang yang dibungkus plastik tersebut lalu pelaku bawa dan ketika berada jauh dari rumah kepala toko, pelaku lalu melempar bungkusan yang berisikan uang tersebut ditepi jalan dibawah pohon dekat rumah kepala toko.

“Sampai akhirnya uang tersebut ditemukan oleh Kaka korban pada pagi harinya, sementara itu uang Benditan yang sempat disisihkan oleh pelaku pada malam hari itu lalu pelaku bawa dan pelaku sembunyikan dibawah rumah keluarga pelaku,” terangnya.

Atas kejadian tersebut, mengakibatkan kerugian sebesar Rp. 47.030.363, sementara barang bukti yang telah diamankan, uang tunai sebesar Rp.43.983.400, 1 unit Sepeda Motor Shogun Axelo Warna Biru KH 4228 KG, 1 buah jaket kain warna hitam, 1 buah baju singlet warna hitam, buah celana Panjang Jean warna hitam, 1 buah HP Merk Sony Experia warna abu-abu metalic serta 8 (delapan) lembar Nota.

“Atas perbuatannya, pelaku akan dikenakan PASAL 363 Ayat (1) Ke-3 dan Ke-5 KUHPidana,” tegasnya. (rif)

Share :

Baca Juga

Barito

Dandim Minta Camat Raren Batuah Pelihara Hasil TMMD

Barito

Pelaku Penggelapan Sepeda Motor Warga Barut Dibekuk Polisi

Barito

Jalan Keakraban, Satgas TMMD Bantu Warga Pasang Batako

Barito

Ratusan Anak Ramaikan Lomba Mewarnai dan Menggambar Polres Barsel

Barito

Besok, Polres Barsel Gelar Fun Bike Bertabur Hadiah

Barito

68 Anggota Satpol PP Ikuti Pembaretan

Barito

Dua Pelaku Pencurian Jual Sepeda Motor di Murung Raya

Barito

Pasca Penyerangan, Polres Barsel Perketat Pengamanan