Home / Katingan

Selasa, 19 November 2019 - 19:41 WIB

176 Personel Dikerahkan Untuk Pengamanan Pilkades

Anggota Polres Katingan saat mengikuti apel gelar pasukan operasi Mantap Praja Bumi Henyang Hinje Simpei di Mapolres setempat Selasa (19/11/2019).

Anggota Polres Katingan saat mengikuti apel gelar pasukan operasi Mantap Praja Bumi Henyang Hinje Simpei di Mapolres setempat Selasa (19/11/2019).

KASONGAN, KaltengEkspres.com– Guna pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pikkades) Serentak di 76 Desa se-Kabupaten Katingan, jajaran Polres Katingan menggelar apel Operasi Mantap Praja Bumi Penyang Hinjei Simpei  di halaman Mapolres Katingan, Selasa (19/11/2019) pukul 09.30 WIB.

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah,  diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Katingan, para pejabat utama Polres Katingan, para Kapolsek, para Perwira, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Penanggulangan Bencana, Puskemas  dan seluruh anggota Polres Katingan.

Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah mengatakan, Pilkades bisa dikatakan sebagai penanda utama demokrasi, karena masyarakat diajak untuk ikut serta dalam menentukan kepala desa, karena agenda demokrasi pada Pilkades seperti penyampaian pendapat di muka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta jaminan keamanan pemilihan langsung oleh publik memilih kades merupakan tanggung jawab bersama.

Baca Juga :  Didor Polisi, Pelaku Penusuk Warga Samba Berhasil Diringkus

“Karena Pilkades serentak 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas di masing-masing desa dan mengingat penting serta strategisnya Pilkades  bagi keberlangsungan pemerintahan di wilayah Katingan, kata Andri saat menyampaikan sambutannya.

Karena itu lanjut dia, Polres Katingan memiliki tanggung jawab untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pilkades serentak di 76 Desa, melalui menajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif serta memperkokoh kerjasama dan sinergitas dengan penyelenggara Pilkades, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya.

Sementara personil yang akan dilibatkan dalam pengamanan di 76 desa yang melaksanakan Pilkades di wilayah Kabupaten Katingan sebanyak 176 personel Polres Katingan berikut jajaran Polsek  yang siap mengawal dan melaksanakan pengamanan secara maksimal.

Baca Juga :  Bupati Minta Agar Perusahaan Imbau Karyawannya Tak Mudik

Sedangkan pola pengamanan untuk TPS terdiri dari TPS aman sebanyak 54 dan TPS rawan sebanyak 161 yang perlibatannya personil Polres Katingan dan jajaran, berdasarkan tingkat kerawanan di masing-masing TPS yaitu dari 115 TPS yang ada di Kabupaten Katingan, dengan jumlah calon Kades sebanyak 270 orang.

“Saya yakin dan percaya seluruh personil Polres Katingan mampu melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan berdedikasi tinggi dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang berat dalam pengamanan Pilkades Serentak tahun 2019 ini,” tandasnya. (MI)

Share :

Baca Juga

DPRD Provinsi Kalteng

Kecamatan Katingan Tengah Butuh Pelayanan Dukcapil

Katingan

Banjir Rendam Rumah Warga Desa Tumbang Hiran

Katingan

Hendak Bertransaksi Sabu, Dua Pria Katingan Diringkus Polisi

Katingan

Dihajar Dum Truk, Dua Warga Tumbang Samba Tewas di TKP

Katingan

Dua Pengedar Sabu Desa Hampalit Disergap Polisi

Katingan

Rayakan Kemerdekaan RI ke-75, Polres Katingan Gelar Lomba Menyumpit

Katingan

MUI Katingan Berikan Bantuan Sembako kepada Panti Asuhan Al-Kairat

Katingan

Nenek di Katingan Ini Ditemukan Tewas Mengapung
error: Content is protected !!