Home / Sukamara

Senin, 28 Oktober 2019 - 20:03 WIB

Sekelompok Warga Desa Akui Lahannya Diserobot PT KSK

Warga pemilik lahan saat berada di lahan yang diklaim telah diserobot pihak perusahaan.

Warga pemilik lahan saat berada di lahan yang diklaim telah diserobot pihak perusahaan.

SUKAMARA, KaltengEkspres.com – Sejumlah warga Desa Muntai, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara memberanikan diri buka suara atas dugaan penyerobotan lahan oleh perusahaan PT Kalimantan Sawit Kesuma(KSK).

Dimana diberita Kaltengekspres.com sebelumnya salah seorang warga desa Muntai yakni Samsu (62), meminta pertanggungjawaban kepada pihak perusahaan atas dugaan penyerobotan lahan. Karena berdasarkan informasi yang dihimpun, sedikitnya 10 hektare lahan milik sejumlah warga diduga diserobot oleh PT KSK sekitar 2018 lalu.

Sukardi (43) warga Desa Muntai mengaku, baru berani bersuara setelah rekannya meminta pihak perusahaan untuk bertanggung jawab atas lahan yang diduga diserobot oleh PT KSK.

“Selama ini kami cuma diam saja dan tidak berani bertindak saat tahu lahan kami diserobot. Dan sekarang kami buka suara menuntut keadilan,”ungkap Sukardi salah seorang pemilik lahan kepada Kaltengekspres.com, Senin (28/10/2019).

Baca Juga :  Polres Sukamara Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra

Ia mengaku tidak berani melawan perusahaan untuk menuntut pertanggungjawaban lantaran merasa bakal sia-sia jika dipermasalahkan.

“Kami diam karena berpikir bakal sia-sia atau tidak ditanggapi kalau kami mengadukan masalah lahan kami ini,” ujarnya.

Demikian diungkapkan warga lainnya Iskandar. Menurut dia, saat ini ia dan warga yang merasa lahan mereka diserobot akan bersatu memperjuangkan hak mereka atas lahan tersebut. Sebab menurutnya lahan itu mereka garap dengan tangan sendiri dengan susah payah.

“Kami meminta agar pihak perusahaan bertanggung jawab atas lahan kami. Dan kami minta bantuan ke bupati untuk ikut menyelesaikan masalah ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Polres Sukamara Musnahkan Sabu Setengah Kilogram

Menanggapi hal itu, Bupati Sukamara, Windu Subianto menyarankan kepada warga agar segera membuat surat pengaduan yang ditujukan kepada pemerintah. Sehingga pihak pemerintah bisa segera menindaklanjuti surat pengaduan tersebut.

Sebab menurut Windu, segala bentuk pengaduan alangkah baiknya diselesaikan berdasarkan prosedur atau aturan yang berlaku. Sehingga memudahkan dalam proses penyelesaiannya.

“Buat surat pengaduannya dulu. Ditujukan ke pihak desa, Kecamatan, dan Kabupaten (Pemkab). Kami pemerintah pasti akan membantu masyarakat Sukamara untuk menyelesaikan masalah yang mereka adukan,” terang Bupati Sukamara, Windu Subagio kepada Kaltengekspres.com baru-baru ini. (iw)

Share :

Baca Juga

Sukamara

Tiga Pelaku Pembunuhan Karyawan Sawit Dibekuk Polisi

Sukamara

WargaTemukan Mayat Pria Membusuk di Parit

Sukamara

Polres Sukamara Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra

Sukamara

Warga Kalbar Tewas Tenggelam di Sungai Jelai

Sukamara

Laka Tunggal, Kasat Shabara Polres Sukamara Tutup Usia

Sukamara

Wow!! Ribuan Pendukung Kompak Sambut dan Iringi Kedatangan WIDI

Sukamara

Tiga Anggota Koramil Balai Riam Gagalkan Aksi Curanmor

Sukamara

Masyarakat Dua Desa Desak PT SMG Realisasikan 20 Persen Plasma
error: Content is protected !!