Home / Pemprov Kalteng

Kamis, 3 Oktober 2019 - 18:52 WIB

Pemprov Minta DPRD se-Kalteng Buat Regulasi Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Endang Koestoriawati saat menyampaikan sambutan Gubernur Kalteng pada acara pembukaan orientasi di Ballrom M Hotel Bahalap, Kamis (3/10/2019).

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Endang Koestoriawati saat menyampaikan sambutan Gubernur Kalteng pada acara pembukaan orientasi di Ballrom M Hotel Bahalap, Kamis (3/10/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta institusi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) se-Kalteng untuk membuat regulasi atau aturan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Ini bertujuan guna melindungi hak, kewajiban dan kepentingan masyarakat di wilayah tugas masing-masing.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Endang Koestoriawati pada acara pembukaan Orientasi Tugas Anggota DPRD Kabupaten/Kota Angkatan ke II Provinsi Kalteng di Ballrom M Hotel Bahalap, Kamis (3/10/2019).

Baca Juga :  Tanggulangi Covid-19, Pemprov Recofusing Anggaran SOPD

Menurutnya, anggota DPRD agar senantiasa amanah mendengar dan memperhatikan aspirasi masyarakat dengan cara meminta keterbukaan anggota DPRD dalam peranannya melaksanakan fungsi legislasi, fungsi Anggaran dan fungsi Pengawasan. Sert harus punya tanggung jawab yang besar untuk melaksanakan tugas dengan mendahulukan kepentingan masyarakat luas, tidak kepentingan kelompok politik.

Sesuai UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa Pemerintah Daerah adalah Kepala Daerah dan DPRD, artinya kedudukan DPRD dan Kepala Daerah adalah sejajar dan sebagai mitra. Untuk itu, hubungan baik antara Eksekutif dan Legislatif sebagai mitra harus dijaga, harus selalu bersinergi dan harmonis.

Baca Juga :  Gubernur Sugianto Semangati Warga Bertani

“Jangan sampai antara DPRD dan Pemerintah Daerah berbeda pendapat dan saling menjatuhkan satu dengan lainya, sehingga berdampak atau berimbas pada tidak maksimalnya roda pemerintahan,”katanya.

Untuk menjaga sinergisitas kemitraan lanjut dia, merupakan keniscayaan yang tidak boleh dibantah. Oleh karena itu, menghadirkan jiwa besar dalam pengelolaan pemerintahan daerah sangat diutamakan. Karena dengan lebih mendahulukan kepentingan kesejahteraan masyarakat ketimbang kepentingan pribadi/egoisme, kelompok dan golongan menjadi faktor utama suatu daerah lebih cepat maju dan berdaya saing. (ed/adv)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Kalteng Kembali Terima Bantuan APD Tahap ke 7 Sebanyak 112 Koli

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Salurkan Bansos Tahap II ke Kabupaten Kotim

Pemprov Kalteng

Gubernur Dorong Pemda se-Kalteng Buka Kantor BNN

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Imbau Penerapan PSBB di Zona Merah

Pemprov Kalteng

Kalteng Tiga Besar Nasional Sektor Transportasi Umum

Olah Raga

KONI Kalteng Beri Masukan Terkait Revisi UU No.3 Tahun 2005

Metro Palangka Raya

Gelar Tatap Muka, Ini Pesan Gubernur
error: Content is protected !!