Home / Sukamara

Rabu, 23 Oktober 2019 - 19:31 WIB

Masyarakat 13 Desa Diberi Penyuluhan Pamsimas

Peserta sosialisasi saat poto bersama dengan panitia Rabu (23/10/2019).

Peserta sosialisasi saat poto bersama dengan panitia Rabu (23/10/2019).

SUKAMARA, KaltengEkspres.com – Puluhan perangkat desa yang tergabung dari Kelompok Pengelola Sistem Pengelola Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) dari 13 desa di Kabupaten Sukamara mendapatkan penyuluhan tentang Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tingkat Kabupaten Sukamara di gedung Gawi Barinjam, Selasa (22/10).

Adapun kegiatan pelatihan itu dilaksanakan guna mewujudkan universal akses air minum aman dan sanitasi layak sesuai dengan amanat RPJMN tahun 2019. Dengan target 100 persen air minum dan 0 persen kawasan kumuh serta 100 kawasan sanitasi.

Baca Juga :  Rem blong, Mobil Dinas Seruduk Kantor Camat Sukamara

Kepala bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Perkim Sukamara, Tober Rianto mengatakan, pihaknya berharap adanya peran aktif dari masyarakat sehingga bisa mengerti dan memahami tugas dan fungsi masing-masing secara administrasi tentang Pamsimas

“Ke depan diharapkan bisa berkoordinasi dengan Pemdes maupun tokoh atau perangkat desa. Sehingga target program Pamsimas ini dalam penyusunan administrasi SPJ bisa dilaksanakan dengan benar sesuai aturannya,” ungkap Tober, kepada wartawan usai membuka kegiatan Pamsimas tingkat Kabupaten Sukamara.

Menurutnya, program Pamsimas sangat penting bagi masyarakat Sukamara. Sebab bertujuan untuk menjaga air minum tetap bersih dan sehat. Selain itu guna menyukseskan sanitasi berbasis masyarakat secara berkelanjutan.

Baca Juga :  Masyarakat Dua Desa Desak PT SMG Realisasikan 20 Persen Plasma

Masih menurut Tober, Pamsimas merupakan aset jangka panjang baik untuk desa maupun kabupaten yang bisa digunakan secara berkelanjutan dan stimulan. Adapun capaian akses air bersih di Kabupaten Sukamara saat ini dikisaran 70 persen.

“Diharapkan untuk 30 persen desa di Kabupaten Sukamara yang belum tercapai air bersih bisa terpenuhi di tahun berikutnya,”ujarnya. (iw)

Share :

Baca Juga

Sukamara

PT KSK Diduga Serobot Lahan Milik Warga

Sukamara

Masyarakat Dua Desa Desak PT SMG Realisasikan 20 Persen Plasma

Sukamara

Rem blong, Mobil Dinas Seruduk Kantor Camat Sukamara

Sukamara

Pemkab Sukamara Peringati Hari Sumpah Pemuda

Hukum Kriminal

Astaga! Disuruh Mijat, Bocah 7 Tahun di Sukamara Ini Dicabuli

Sukamara

Barak Delapan Pintu di Sukamara Berkobar

Sukamara

Polres Sukamara Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra

Sukamara

Wow!! Ribuan Pendukung Kompak Sambut dan Iringi Kedatangan WIDI
error: Content is protected !!