Home / Pemprov Kalteng

Rabu, 16 Oktober 2019 - 16:06 WIB

Gubernur Serahkan Piagam Penghargaan Bagi 13 Kabupaten/Kota Peraih WTP

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan kepada Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah, saat acara Rakordal Rabu (16/10/2019).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan kepada Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah, saat acara Rakordal Rabu (16/10/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran  mewakili Kementerian Keuangan RI menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) yang berhasil meraih Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur kepada 13 kepala daerah se-Kalteng, seusai membuka kegiatan Rakorda di Aula Bappedalitbang Kalteng, Rabu (16/10/2019).

“Perlu saya sampaikan, bahwa saya sudah menerima piagam WTP dari Kementerian Keuangan untuk Pemprov Kalteng, selanjutnya saya diamanahkan Pemerintah RI  untuk menyerahkan piagam WTP kepada 13 kabupaten/kota. Piagam  WTP ini diberikan atas keberhasilan daerah mengelola APBD dengan baik sehingga memperoleh penilaian wajar,” kata Sugianto Sabran dalam sambutannya.

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Dorong Percepatan Realisasi Pembangunan

Sugianto menjelaskan, ada dua jenis penghargaan yang diberikan, pertama penghargaan kepada Pemda yang meraih opini WTP atas LKPD tahun 2018 dan yang kedua penghargaan Pemda yang meraih opini WTP atas LKPD selama lima tahun berturut-turut.

Hampir seluruh Pemda lingkup Kalteng termasuk Pemprov Kalteng berhasil meraih opini WTP atas LKPD tahun 2018, kecuali Pemda Kabupaten Seruyan. Sedangkan Pemda yang berhasil mempertahankan opini WTP selama lima tahun berturut-turut yaitu: Pemprov Kalteng, Pemda Kabupaten Barito Utara, Pemda Kabupaten Kotawaringin Barat, Pemda Kabupaten  Kotawaringin Timur, dan Pemda Kabupaten Sukamara.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah Ratih Hapsari Kusumawardani selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan mengatakan, Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas LKPD ini, adalah suatu wujud dari upaya maksimal seluruh pemangku kepentingan dalam terus memperbaiki pengelolaan keuangan negara dengan selalu memperhatikan ketentuan perundangan dan menjaga kehatihatian untuk mewujudkan laporan pertanggungjawaban yang akuntabel kepada masyarakat sehingga bisa meningkatkan kepercayaan terhadap institusi publik.

Baca Juga :  Sebanyak 848 Pekerja di Kalteng di Rumahkan

“Di samping itu, perolehan opini WTP tersebut tentu tidak semata-mata ditentukan oleh penyajian laporan keuangan yang memiliki informasi yang berkualitas atau kecukupan pengungkapan, namun juga harus ditopang oleh efektivitas sistem pengendalian internal yang memadai di masing-masing institusi,” kata Ratih. (as/adv)

 

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Tahun 2020, Pemprov Kalteng Rencana Tiadakan Embarkasi Palangka Raya

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Serahkan 8 Permendagri Tentang Batas Daerah

Pemprov Kalteng

Mentan RI dan Gubernur Cek Kesiapan Food Estate

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Segera Gelar Quality Expo 2019

Pemprov Kalteng

Gelar FGD dengan Awak Media, Pemprov Paparkan Kemajuan Kalteng 3 Tahun Terakhir

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Siap Fasilitasi Pembangunan Transmisi Gas Bumi

Pemprov Kalteng

13 Kabupaten Zona Merah Belum Usulkan Penerapan PSBB

Pemprov Kalteng

Pelaksanaan SKB CPNS 2019, Akan Dilanjutkan Pada September 2020
error: Content is protected !!