Home / Pemprov Kalteng

Rabu, 16 Oktober 2019 - 16:06 WIB

Gubernur Serahkan Piagam Penghargaan Bagi 13 Kabupaten/Kota Peraih WTP

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan kepada Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah, saat acara Rakordal Rabu (16/10/2019).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan kepada Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah, saat acara Rakordal Rabu (16/10/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran  mewakili Kementerian Keuangan RI menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) yang berhasil meraih Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur kepada 13 kepala daerah se-Kalteng, seusai membuka kegiatan Rakorda di Aula Bappedalitbang Kalteng, Rabu (16/10/2019).

“Perlu saya sampaikan, bahwa saya sudah menerima piagam WTP dari Kementerian Keuangan untuk Pemprov Kalteng, selanjutnya saya diamanahkan Pemerintah RI  untuk menyerahkan piagam WTP kepada 13 kabupaten/kota. Piagam  WTP ini diberikan atas keberhasilan daerah mengelola APBD dengan baik sehingga memperoleh penilaian wajar,” kata Sugianto Sabran dalam sambutannya.

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Minta Masyarakat Sabar Menanti Vaksin Covid-19

Sugianto menjelaskan, ada dua jenis penghargaan yang diberikan, pertama penghargaan kepada Pemda yang meraih opini WTP atas LKPD tahun 2018 dan yang kedua penghargaan Pemda yang meraih opini WTP atas LKPD selama lima tahun berturut-turut.

Hampir seluruh Pemda lingkup Kalteng termasuk Pemprov Kalteng berhasil meraih opini WTP atas LKPD tahun 2018, kecuali Pemda Kabupaten Seruyan. Sedangkan Pemda yang berhasil mempertahankan opini WTP selama lima tahun berturut-turut yaitu: Pemprov Kalteng, Pemda Kabupaten Barito Utara, Pemda Kabupaten Kotawaringin Barat, Pemda Kabupaten  Kotawaringin Timur, dan Pemda Kabupaten Sukamara.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah Ratih Hapsari Kusumawardani selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan mengatakan, Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas LKPD ini, adalah suatu wujud dari upaya maksimal seluruh pemangku kepentingan dalam terus memperbaiki pengelolaan keuangan negara dengan selalu memperhatikan ketentuan perundangan dan menjaga kehatihatian untuk mewujudkan laporan pertanggungjawaban yang akuntabel kepada masyarakat sehingga bisa meningkatkan kepercayaan terhadap institusi publik.

Baca Juga :  Peninggalan Bersejarah Harus Dilestarikan

“Di samping itu, perolehan opini WTP tersebut tentu tidak semata-mata ditentukan oleh penyajian laporan keuangan yang memiliki informasi yang berkualitas atau kecukupan pengungkapan, namun juga harus ditopang oleh efektivitas sistem pengendalian internal yang memadai di masing-masing institusi,” kata Ratih. (as/adv)

 

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Cegah Virus Corona, Sugianto Ajak Masyarakat Terapkan Hidup Sehat

Metro Palangka Raya

Forum PPM Berbagi 1.000 Paket Sembako untuk Warga

Pemprov Kalteng

Dispar Kalteng Gagas Penerapan Perpaduan K3

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Salurkan Bansos Tahap II ke Kabupaten Kotim

Metro Palangka Raya

Pemprov Kalimantan Tengah Terima Bantuan APD

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Lantik Komisaris Utama Bank Kalteng

Metro Palangka Raya

 Penanganan Covid-19 di Kalteng Sudah Habiskan Dana Rp 19 Miliar Lebih

Pemprov Kalteng

Gubernur Harapkan Penyaluran Dana Desa Tepat Sasaran
error: Content is protected !!