Home / Pemprov Kalteng

Rabu, 16 Oktober 2019 - 16:58 WIB

Gubernur Sebut Capaian Indikator Pembangunan Kalteng Meningkat

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan rakordal Rabu (16/10/2019).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan rakordal Rabu (16/10/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com –  Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menyebutkan, bahwa capaian indikator pembangunan di Kalteng mengalami peningkatan dalam kurun tiga tahun terakhir. Hal ini diutarakan Gubernur saat menyampaikan sambutannya dikegiatan Rakordal Pogram Pembangunan Triwulan III di Aula Bappedalitbang Kalteng, Rabu (16/10/2019).

Kendati mengalami peningkatan, Gubernur tetap meminta kepada bupati/walikota agar dapat melaksanakan pembangunan daerahnya untuk seluruh masyarakat yang berada di pedalaman yang belum tersentuh pembangunan.

“Buka akses di wilayah pelosok saudara yang masih terisolasi, kemudian lakukan pembangunan secara komprehensif di segala bidang pada daerah-daerah pedalaman ini. Seperti pembangunan infrastruktur sarana prasarana pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat secara merata,” tegasnya Sugianto kepada para kepala daerah yang hadir.

Menurut Sugianto, capaian kemajuan kinerja 3 tahun RPJMD Provinsi Kalteng dapat dilihat dari beberapa indikator makro ekonomi, meliputi :

Baca Juga :  Pemprov Gencarkan Pemulihan Ekonomi Masyarakat
  1. Pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi sebesar 5,64%, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,17%. Dan pada triwulan I 2019 pertumbuhan ekonomi sebesar 6,03% dan semakin tumbuh pada triwulan II 2019 sebesar 7,67%.
  2. Angka kemiskinan maret 2019 sebesar 4,98% lebih rendah (lebih baik) dari capaian nasional yakni 9,41 %.
  3. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2018 sebesar 70,42, lebih rendah dari IPM Nasional yakni 71,39, namun demikian IPM Kalteng masuk dalam kategori kelompok tinggi, dan ini untuk pertama kalinya IPM Kalteng masuk dalam kategori kelompok tinggi (70 sampai dengan 80).
  4. Gini ratio maret 2019 sebesar 0,336 lebih rendah (lebih baik) dibandingkan dengan capaian nasional sebesar 0,382.

“Capaian indikator makro pembangunan di atas, saya harap dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan pada tahun 2019 ini dengan sinergitas, antara provinsi dan kabupaten/kota se-Kalteng, dalam pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan yang difokuskan pada bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perekonomian dalam arti luas, seperti pertanian, perikanan, pariwisata, perindustrian, perdagangan, UKM dan lain-lain,” ungkap Sugianto.

Baca Juga :  Sekda Minta Capaian IMP Kalteng Ditingkatkan

Sugianto menambahkan, bahwa untuk menunjang pembangunan, Kalteng harus terbuka dan menerima para investor yang mempunyai visi yang sama dengan Pemprov Kalteng yakni dapat membangun Kalteng untuk kesejahteraan rakyat Kalteng. Saat ini Kalteng sedang menjajaki kerjasama dengan investor Uni Emirat Arab (UEA) di sektor pertanian. Pemprov Kalteng akan bekerjasama dengan investor elite agro UEA tersebut.

“Saat ini kita sudah memasuki triwulan IV, triwulan terakhir dalam tahun ini, saya minta provinsi dan kabupaten/kota dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan harus sesuai jadwal yang ditetapkan, agar program/kegiatan dapat terlaksana dengan baik, tepat mutu, tepat waktu dan tepat volume, serta sesuai ketentuan yang berlaku,” tandasnya. (as/adv)

 

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Jalin Koordinasi Bersama DPRD Kalteng

Pemprov Kalteng

Sambil Berurai Air Mata, Gubernur Ingatkan Warga Bahaya Covid-19

Pemprov Kalteng

Kalteng Tiga Besar Nasional Sektor Transportasi Umum

Pemprov Kalteng

Pemprov Ajak Stakeholder Wujudkan Restorasi Gambut

Pemprov Kalteng

Gubernur Sugianto Resmikan Pasar Tani Berkah

Pemprov Kalteng

Terjadi Lonjakan 17 Kasus Baru, Total Positif Covid-19 Kalteng Capai 223 Orang 

Pemprov Kalteng

PUG Kalteng Diharapkan Berkontribusi dalam Pembangunan

Pemprov Kalteng

Gawat! Dinas Kesehatan Kalteng Kekurangan Masker N95
error: Content is protected !!