Home / Metro Palangka Raya

Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:04 WIB

DPRD Kalteng Siap Akomodir Keluhan Masyarakat Terkait Masalah Plasma

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPPRD) Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai membuat gebrakan dalam menyikapi permasalahan yang banyak dikeluhkan masyarakat Kalteng. Salah satu persoalan yang hingga kini terus mendapat sorotan serta keluhan, seperti masalah realisasi kebun plasma 20 persen dari perusahaan.

Menyikapi ini, Komisi II sebagai pihak yang membidangi permasalahan tersebut telah siap menindaklanjuti berbagai problema menyangkut hak masyarakat dan plasma tersebut.

Ketua Komisi II Lohing Simon mengatakan, permasalahan plasma ini ke depan mendapat tindaklanjut yang positif. Pihaknya akan segera menyusun jadwal yang dilaksanakan melalui Badan Musyawarah (Banmus).

Baca Juga :  Tragis, Pelajar SMP Tenggelam di Danau Galian 

“Kita juga memiliki konsep kerja sendiri, dimana terkait hak masyarakat dan kebun plasma, akan dilaksanakan pengawasan dalam upaya realisasi aspirasi tersebut,” ujarnya kepada awak media, baru-baru ini.

Ia juga menegaskan plasma dalam lingkup perkebunan sawit sendiri, sudah diatur dalam Permentan No 26 Tahun 2007, tentang pedoman perizinan usaha perkebunan.

“Intinya perkebunan sawit swasta wajib mematuhi aturan membangun plasma, sesuai dengan aturan yang ada. Artinya kalau melihat dari aturan yang sebenarnya, mau tidak mau, investor di bidang perkebun mesti melaksanakan regulasi tersebut,” paparnya.

Baca Juga :  Pondok Pesantren di Palangka Raya Diamuk Jago Merah

Selain itu dirinya berharap, masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya kepada DPRD Kalteng. Lantaran pihaknya siap menyerap aspirasi baik keluhan ataupun usulan, dalam upaya tindaklanjut kedepan.

“Kami siap menampung bahkan membantu masyarakat, apabila merasa adanya persoalan ketidakadilan yang terjadi. Intinya masyarakat jangan segan untuk datang dan menyampaikan aspirasinya ke DPRD Kalteng,” tandasnya. (as/hm)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Legislator Kota Minta RSUD Tingkatkan Pelayanan

Metro Palangka Raya

Gugus Tugas Covid-19 Kalteng Gelar Rapid Tes Massal di Pasar Kahayan

Gunung Mas

Tiga Penambang Ilegal Gumas Diringkus Polisi

DPRD Kota

Legislator Minta Pedagang Buah Musiman Taati Aturan

Metro Palangka Raya

Rektor UPR Ingatkan Mahasiswa Pentingnya Teknologi Informasi

DPRD Kota

Dewan Kota Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan

Metro Palangka Raya

Sopir Angkutan Wajib Miliki Surat Sehat Covid-19

Metro Palangka Raya

Tiga Mobil Terlibat Laka Beruntun di Palangka Raya