Home / Barito

Rabu, 2 Oktober 2019 - 09:22 WIB

DPRD Barsel Paripurna AKD

BUNTOK, KaltengEkspres.com – DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengelar rapat paripurna, untuk menyelesaikan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang belum rampung seperti Banggar,  Bamus dan Badan Kehormatan (BK), Selasa(1/10/2019).

“Hari ini kita melanjutkan paripurna kemaren dalam rangka menetapkan AKD, seperti BK sudah diputuskan dan di sepakati, begitu juga dengan  Banggar dan Banmus yang jumlah anggotanya separo dari anggota DPRD juga telah disepakati,” kata Ketua DPRD Barsel Ir. HM. Farid Yusran MM saat dibincang Kalteng Ekspres.com usai rapat paripurna di gedung dewan.

Telah di paripurnakannya alat kelengkapan dewan tersebut, lanjut dia, berarti telah sah dan tidak boleh dirombak sebelum waktunya, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota bahwa alat kelengkapan dewan yang sudah ditetapkan tidak boleh dirombak dalam batas waktu tertentu.

“Sesuai dengan aturan yang berlaku, Banggar baru boleh dirombak setelah satu tahun sedangkan untuk BK, Bapemperda, Bamus dan Komisi baru boleh dirombak setelah dua tahun setengah masa baktinya. Jadi apa yang sudah kita sepakati bersama dan telah ditetapkan dalam paripurna, itu tidak boleh dirombak sebelum sampai masanya,” tegas Farid.

Baca Juga :  Beri Dukungan dan Motivasi, Dandim 1012 Buntok Kunjungi Warga di Kebun

Berdasarkan data yang didapat Kalteng Ekspres.com, terpilih sebagai Ketua Komisi 1 H Raden Sudarto SH (H Alek) (Politisi PDIP), Ketua Komisi II Ensilawatika Wijaya (Politisi PDIP), Ketua Komisi III H Jainal Hairudin (Politisi PPP), Badan Kehormatan Nurul Hikmah (Politisi PPP), Ketua Bapemperda Hermanes (politisi PDIP).

Baca Juga :  Terjun ke Sungai, Warga Barut Kembali Digegerkan Ulah Larasafitri

Sementara untuk Banggar dan Bamus sesuai dengan peraturan, ketua dan wakil ketuanya dijabat langsung oleh pimpinan DPRD. Dengan jumlah anggota sebanyak masing-masing 13 orang, yakni diisi oleh perwakilan seluruh fraksi DPRD. (rif)

Share :

Baca Juga

Barito

Lisda Arriyana Minta Dukungan Elemen Masyarakat Dalam Melaksanakan Tugas

Barito

Diduga Ada Pungli, DPRD Barsel Berencana Lakukan RDP Kepada Dua Dinas

Barito

Warga Desa Sibung Anggap Satgas TNI Seperti Saudara Sendiri

Barito

Satgas TMMD Bantu Truk Warga Amblas di Lokasi Sasaran Fisik

Barito

Penutup TMMD 109 di Tandai Dengan Penandatanganan Prasasti

Barito

PDIP Barsel Blusukan Penggalangan dan Kampanye Sugianto – Edi di Bangkuang

Barito

Menipu Kapten Kapal, Habib Palsu di Barsel Diciduk Polisi

Barito

Berkas Perkara Kasus Suap Multiyear Tahap Dua