Home / DPRD Kota

Jumat, 18 Oktober 2019 - 21:36 WIB

Dewan Harapkan Upaya Maksimal Cegah DBD

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto saat memberikan keterangan kepada awak media.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto saat memberikan keterangan kepada awak media.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya mengharapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) agar memaksimalkan upaya preventif dalam mencegah meluasnya wabah demam berdarah dengue (DBD), yang kerap kali mewabah saat musim penghujan.

“Pemko melalui  Dinas Kesehatan, kami harapkan bisa memaksimalkan langkah antisipasi sejak dini terhadap wabah penyakit DBD ini. Pasalnya, wabah seperti ini kerap kali muncul di musim penghujan,” ungkap Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Jumat (18/10/2019).

Baca Juga :  Dewan Kota Minta ASN Tidak Mudik

Menurut Sigut, upaya pencegahan ini bisa dimulai dari saat masa peralihan musim. Yakni dari musim kemarau menuju musim penghujan. Dimana, dengan semakin cepat upaya pencegahan dilakukan, maka akan semakin baik dan efektif.

Disisi lain kata dia, upaya  sosialisasi secara massif  harus sering dilakukan oleh dinas terkait. Termasuk bagaimana cara pencegahannya, pengunaan bubuk abate, serta mengajarkan masyarakat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

Selanjutnya, dimaksimalkan pula peran puskesmas yang ada disetiap kelurahan, sehingga memudahkan bagi pemerintah dalam upaya pencegahan melalui pendataan dan pemetaan lokasi yang mana saja dinilai rawan akan terjadinya penyebaran DBD.

Baca Juga :  Legislator Ini Dukung Kesenian Tradisional Dilestarikan

“Informasi meluasnya pasien terpapar DBD akan didapat dari puskesmas. Sebab itulah  peran puskesmas sangat diharapkan dalam menyikapi penyakit DBD tersebut,”ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga mendorong langkah pencegahan seperti fogging atau pengasapan insektisida untuk mencegah nyamuk Aedes Aegypti apabila telah ada ditemukan kasus DBD. (as/hm)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Legislator Minta Pelaku Wisata Taati PPKM

DPRD Kota

Palangka Raya Harus Miliki Wisata Edukasi

DPRD Kota

Dewan Dorong Pembangunan Drainase Terus Digenjot

DPRD Kota

Dewan Dukung Penutupan Lokalisasi di Palangka Raya

DPRD Kota

Dewan Sebut Banyak Keluhan Infrastruktur Belum Tertangani

DPRD Kota

Wanita Perlu Penguatan SDM Berkarakter

DPRD Kota

Covid-19 Tak Halangi Dewan Serap Aspirasi Masyarakat

DPRD Kota

Dewan Sampaikan 15 Rekomendasi LKPJ 2020
error: Content is protected !!