Home / DPRD Kota

Jumat, 18 Oktober 2019 - 21:36 WIB

Dewan Harapkan Upaya Maksimal Cegah DBD

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto saat memberikan keterangan kepada awak media.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto saat memberikan keterangan kepada awak media.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya mengharapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) agar memaksimalkan upaya preventif dalam mencegah meluasnya wabah demam berdarah dengue (DBD), yang kerap kali mewabah saat musim penghujan.

“Pemko melalui  Dinas Kesehatan, kami harapkan bisa memaksimalkan langkah antisipasi sejak dini terhadap wabah penyakit DBD ini. Pasalnya, wabah seperti ini kerap kali muncul di musim penghujan,” ungkap Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Jumat (18/10/2019).

Baca Juga :  UMKM Diminta Ikuti Perkembangan Dunia Digital

Menurut Sigut, upaya pencegahan ini bisa dimulai dari saat masa peralihan musim. Yakni dari musim kemarau menuju musim penghujan. Dimana, dengan semakin cepat upaya pencegahan dilakukan, maka akan semakin baik dan efektif.

Disisi lain kata dia, upaya  sosialisasi secara massif  harus sering dilakukan oleh dinas terkait. Termasuk bagaimana cara pencegahannya, pengunaan bubuk abate, serta mengajarkan masyarakat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

Selanjutnya, dimaksimalkan pula peran puskesmas yang ada disetiap kelurahan, sehingga memudahkan bagi pemerintah dalam upaya pencegahan melalui pendataan dan pemetaan lokasi yang mana saja dinilai rawan akan terjadinya penyebaran DBD.

Baca Juga :  Dewan Apresiasi Sikap Cepat Pemko Tanggulangi Karhutla

“Informasi meluasnya pasien terpapar DBD akan didapat dari puskesmas. Sebab itulah  peran puskesmas sangat diharapkan dalam menyikapi penyakit DBD tersebut,”ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga mendorong langkah pencegahan seperti fogging atau pengasapan insektisida untuk mencegah nyamuk Aedes Aegypti apabila telah ada ditemukan kasus DBD. (as/hm)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Minta Pembayaran THR Jangan Terlambat

DPRD Kota

DPRD Kota Palangka Raya Terima Penghargaan dari Kapolda

DPRD Kota

Pelaku Usaha Diminta Manfaatkan Media Sosial

DPRD Kota

Dewan Kota Apresiasi Giat Menanam Pohon

DPRD Kota

Dewan Minta Peredaran Obat Ratinidin Ditarik

DPRD Kota

Dewan Dukung Kebijakan Keringan Cicilan 

DPRD Kota

Dewan Imbau Pengguna Transportasi Air Utamakan Keselamatan

DPRD Kota

DPRD Kota Palangka Raya Usul Tiga Raperda Inisiatif
error: Content is protected !!