Home / Kobar

Jumat, 4 Oktober 2019 - 15:52 WIB

Dampak Karhutla, Beruang Madu Masuk Kawasan Lanud Iskandar

Beruang madu saat masuk kawasan Lanud Iskandar Pangkalan Bun Kamis (3/10/2019).

Beruang madu saat masuk kawasan Lanud Iskandar Pangkalan Bun Kamis (3/10/2019).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Seekor beruang madu, tiba-tiba masuk kawasan Landasan Udara (Lanud) Iskandar Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (3/10/2019). Diduga, beruang ini masuk kawasan setempat akibat dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) beberapa bulan terakhir.

Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Didik Setya Nugraha mengatakan, sebenarnya warga yang tinggal di kawasan Lanud Iskandar ini sudah sering bertemu dengan beruang madu, bahkan ada beberapa orang anggota pernah melihat beruang madu masuk kawasan setempat bersama induknya.

Baca Juga :  Tabrak Pengendara Motor, IRT Jatuh Pingsan

“Hidupnya hewan langka ini patut kita jaga habitatnya. Karena itu kita sudah membuat papan imbauan kepada masyarakat sekitar untuk membantu menjaga kelestarian kawasan hutan Lanud Iskandar, apabila bertemu beruang jangan diganggu apalagi diburu. Karena anggota kita siap mengamankannya,” kata Danlanud kepada awak media, Jumat (4/10/2019).

Ia menjelaskan, bahwa papan imbauan tersebut telah dipasang di pos dan gapura masuk Lanud Iskandar Pangkalan. Sementara itu penangkapan beruang tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan petugas BKSDA.

Baca Juga :  Gelapkan Buah Sawit, Dua Mandor Panen Diringkus Polisi

Terpisah Kepala BKSD Pangkalan Bun, Dendi Sutiadi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Lanud sambil melakukan pantaun di area Lanud Iskandar Pangkalan Bun terkait kemunculan beruang tersebut di kawasan setempat.

“Yang jelas kita mengimbau kepada warga, agar binatang langka ini jangan diganggu dan diburu. Jika ada warga melihat lagi langsung memberitahu kami BKSDA. Supaya kami bisa cepat ke lokasi mengamankannya,” ungkap Dendi. (yus)

Share :

Baca Juga

Kobar

Bupati dan Ratusan Siswa Kampanyekan Stop Perburuan dan Perdagangan Hewan Primata

Kobar

Tabrak Truk Dum, Pengendara Motor Nyaris Tewas

Kobar

27 Orang Terjaring Operasi Yustisi

Kobar

Pria Bersenpi Rampok Toko Emas di Pangkalan Banteng 

Kobar

Bupati Kobar Dukung Sugianto Dua Priode

Kobar

Gubernur Ajak Seluruh Masyarakat Kobar Perangi Narkoba

Kobar

Tabrakan Dua Kelotok Tewaskan Satu Bocah, Dua Balita Hilang

Kobar

Penutupan Objek Wisata Bugam Raya Diperpanjang 
error: Content is protected !!