Warga Mendawai Digegerkan Kemunculan Buaya Sungai Arut

Seekor buaya besar saat muncul di Sungai Arut dekat dengan kelotok warga Sabtu (28/9/2019) pagi.

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Warga yang tinggal disekitar bantaran sungai di RT 4 Kelurahan Mendawai Seberang Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kabupaten Kobar, digegerkan dengan kemunculan buaya yang mengapung di Sungai Arut, Sabtu (28/9) pagi, sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepala BKSD SKW ll Pangkalan Bun, Dendi Sutiadi mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga setempat terkait kemunculan seekor buaya di Sungai Arut Pangkalan Bun. Menerima informasi ini, pihaknya langsung ke lokasi untuk memonitor prilaku buaya ini terlebih dahulu.

“Karena memang habitat buaya sungai, kalau memang harus dievakuasi kita akan pasang perangkap. Untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat agar sementara mengurangi aktivitas di sungai guna mencegah supaya tidak terjadi hal-hal yang diinginkan,”ungkapnya kepada awak¬† media, Sabtu (28/9/2019).

Ia menjelaskan, bawah kemunculan buaya ini kemungkinan karena faktor kerusakan lingkungan dengan membuang sampah di sungai yang bisa mempengaruhi prilaku habitatnya.  Sehingga buaya mengangap sampah-sampah tersebut merupakan makanan.

Sementara itu salah satu warga Deni (25) mengatakan, dirinya sempat terkejut melihat kemunculan buaya dan membuat heboh warga sekitar.

” Hanya warga disini tidak gegabah melihat kemunculan buaya tersebut, begitu melihat kemunculan buaya ada salah satu warga yang langsung menghubungi BKSD,”ucapnya. (yus)