Wabup Buka Kemah Besar Kwarcab Kobar

Wabup Kobar Ahmadi Riansyah saat memberikan keterangan kepada awak media Jumat (13/9).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kotawaringin Barat menggelar kemah besar pramuka ke 58 di  Bumi Perkemahan Lapangan Sepak Bola Puyung Pocar, Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah ini, diikuti total 724 peserta tingkat penggalang dan penegak.

Ahmadi mengatakan, terselenggaranya kegiatan kemah besar pramuka ini berkat keseriusan dari kwartir ranting pramuka se-Kobar. Kegiatan kemah besar pramuka ini  adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga yang sasaran akhirnya adalah pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur, mandiri dan cinta tanah air.

“Dengan adanya kekhawatiran kita tentang prilaku kaum muda yang belakangan ini banyak terjadi pelanggaran etika moral, prilaku menyimpang, narkoba sampai pada kenakalan remaja. Disitulah diharapkan peran strategis pramuka untuk membendung dan sekaligus menciptakan pendidikan karakter yang dibutuhkan bagi para org tua. Pramuka hadir untuk membentuk prilaku yang bertanggung jawab” kata Ahmadi .

Sehingga lanjut dia, kader bisa memiliki berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara, dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal untuk masa depan.

“Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita kini dan kedepan. Untuk itu pembangunan SDM harus sejalan dengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilan pembanguan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas”, tandasnya. (yus)