Tiga Rumah dan Bangunan Walet di Gumas Terbakar

Warga saat memadamkan sisa puing api yang masih menyala di lokasi kejadian Minggu (15/9/2019).

KUALA KURUN, KaltengEkspres.com – Kebakaran hebat terjadi di Kelurahan Tehang Kecamatan Manuhing Raya Kabupaten Gunung Mas. Api meluluh lantakan tiga bangunan rumah milik Marleni, Sarianto, Sintung dan satu bangunan walet serta dua gudang milik Muris dan Rengkot, Minggu (15/9/2019) pagi sekitar pukul 04.00 WIB.   Belum diketahui pasti penyebab kebakaran ini, karena masih diselidiki pihak kepolisian setempat.

Kapolsek Manuhing Ipda Juwito ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut dia, peristiwa kebakaran ini pertama kali diketahui oleh Marleni. Barawal saat ia terbangun dari tidur melihat api sudah membesar dari ruangan tengah rumahnya.

Sontak ia langsung berlari ke arah dapur kemudian berteriak membangunkan adik iparnya Bujang dan mengendong anak perempuannya berusia 2 tahun untuk keluar dari rumah melalui jendela. Kemudian setelah itu berusaha mengeluarkan barang-barangnya dari dalam rumah, namun upaya ini tak membuahkan hasil karena api sudah membesar.  Akibat berusaha menyelamatkan barangnya ini ia terkena luka bakar dibagian lengannya.

“Tak lama setelah itu api bertambah membesar, kemudian melahap bangunan rumah warga sekitar. Tercatat ada sekitar 2 rumah lagi yang ikut terbakar bersama bangunan walet dan dua gudang yang berada dekat di sekitar lokasi kejadian,”ungkap Kapolsek kepada awak media Minggu (15/9).

Saat kejadian kebakaran ini lanjut dia, warga setempat melakukan upaya pemadaman menggunakan mesin pompa. Kurang lebih selama 4 jam kemudian setelah kejadian api berhasil dipadamkan  masyarakat.

“Saat api dipadamkan ditemukan satu korban jiwa yang ikut tewas terpanggang. Korban jiwa ini bernama Joni Pranata, anggota keluarga dari Marleni. Korban jiwa ini ditemukan dalam kondisi sudah hangus jasadnya,”ungkap Juwito.

Akibat kejadian ini, selain menimbulkan korban jiwa, para korban juga mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp 2 miliar karena banyak barang ikut terbakar tak sempat diselamatkan. (ag/hm)

Baca Juga :  Sadis! Dipukuli Dengan Kayu Warga di Gunung Mas Tewas, 13 Jam Pelaku Berhasil Dibekuk Polisi