Satgas Karhutla Barsel Gencar Padamkan Api

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) semakin marak. Tidak hanya mengakibatkan kerusakan ekosistem, asap dari kebakaran hutan dan lahan juga mengganggu kesehatan masyarakat.

Upaya pemadaman api oleh tim Satgas Karhutla Barsel yang dipimpin Kapolsek Dusun Selatan Ipda Abi Karsa telah gencar di lakukan. Namun kobaran api yang berpindah tempat membuat petugas kewalahan. Ditambah sulitnya akses ketersediaan air untuk melakukan pemadaman api.

Kapolsek Dusel Ipda Abi Karsa  kepada Kalteng Ekspres.com mengatakan, Sulitnya mendapatkan sumber air menjadi tantangan terbesar bagi pihaknya untuk memadamkan api.

“Panas Api dan asap pekat  yang menyelimuti wilayah kebakaran tak menyurutkan anggota kami untuk terus berjibaku melakukan pemadaman, pantang menyerah sebelum api padam,” terang Abi Karsa.

Mereka sepertinya tak kenal waktu, siang dan malam terus berjibaku untuk mencari titik api sehingga puluhan titik apai yang besar berhasil dipadamkan.

“Dari jumlah itu kami sudah memadamkan puluhan titik api dan  titik asap. Titik asap ini adalah bekas kebakaran yang masih menimbulkan asap yang masih berpotensi timbul api. Tim kita masih terus melakukan pemadaman dengan kondisi serba terbatas. Kadang kita kesulitan ketika kawasan yang terbakar jauh dari titik air,” ceritanya

Ia menjelaskan, bahwa kawasan yang begitu luas, peralatan mesin air juga cukup terbatas. Apa lagi saat ini musim kemarau, air sangat sulit ditemukan di sekitar lokasi yang terbakar.

“Selain memadamkan, kita juga bertugas memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Kami menduga dari sejumlah fakta di lapangan, sepertinya ada unsur kesengajaan dibakar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya. (rif)