Residivis Pembobol Rumah Kosong Tersungkur Didor Polisi

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar saat mengintrogasi pelaku yang mendapat perawatan usai timah panas bersarang di kakinya Selasa (24/9/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Tim gabungan Resmob Polres Palangka Raya dan Polsek Pahandut membekuk pelaku pencurian dengan pemberatan (curat), Selasa (24/9/2019) sore.

Pelaku bernama Yan (20) warga Jalan A. Runting RT 01 RW 03 Desa Kuala Kurun Kecamatan Kurun Kabupaten Gunung Mas ini, ditangkap karena  melakukan aksi pembobolan rumah kosong di enam tempat. Residivis dengan kasus yang sama ini ditangkap dengan cara ditembaki kakinya lantaran saat disergap berusaha melarikan diri.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar mengatakan, kejahatan pelaku terbongkar setelah pelaku membobol sebuah rumah di Jalan G Obos XIX, Palangka Raya, Senin (23/9). Pada saat itu korban usai pulang kerja dan mendapati isi rumahnya sudah berantakan.

“Modus yang digunakan pelaku dia keliling mencari sasaran rumah yang dianggap kosong yang pemiliknya sedang berada diluar dengan cara masuk kedalam mencongkel pintu maupun jendela,”ungkap Kapolres didampingi Kapolsek Pahandut AKP Edia Sutaata ketika berada di Rumah Sakit Bhayangkara, Selasa (24/9/2019) malam.

Timbul menjelaskan, dari hasil penangkapan ini pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti hasil kejahatan pelaku diantaranya, sepeda motor Honda CBR dengan plat nomor KH 2528 QB,1 laptop,tas ransel,5 flashdisk,2 obeng, tabung gas berukuran 5kg dan uang tunai Rp 225 ribu.

“Kini pelaku dan barang bukti kita amankan di Mapolsek Pahandut untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut. Atas perbuatannya ini, pelaku kita jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tandasnya. (am)