Home / Barito

Kamis, 26 September 2019 - 18:36 WIB

RAPBD Perubahan Barsel Nyaris Batal

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 yang pidato pengantar Bupati digelar pada rapat paripurna ke-9 masa sidang ke III yang disampaikan Wakil Bupati Barsel Setya Titiek Ariyanti Djodir, Kamis (26/9/2019) (red hari ini), nyaris saja ditolak oleh DPRD Barsel.

Ketua DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ir HM Farid Yusran MM mengatakan, bahwa pihaknya hari ini hampir membatalkan Perda RAPBD Perubahan tahun 2019, karena eksekutif dengan sangat aroganya merubah sendiri kesepakatan yang telah di tandatangani bersama.

“Waktu kami mau menandatangai berkas, kami periksa dalamnya dan ternyata berubah sehingga kita minta pihak eksekutif untuk memperbaiki dan bila sampai jam 07.00 WIB pagi belum diperbaiki maka kita batalkan rapat hari ini,” kata Farid Yusran kepada awak media, Kamis (26/9/2019).

Baca Juga :  Target Raih 9 Kursi, DPC PDIP Barsel Daftar Bacaleg ke KPU

Ia bersyukur, pembatalan itu tidak sampai terjadi, karena pihak eksekutif memperbaiki RAPBD yang telah mereka rubah.

“Sebelum digelar Rapat paripurna, saya telah memeriksanya, dan ternyata mereka memperbaikinya,” jelasnya.

Farid Yusran menjelaskan, setelah  DPRD berama sama pihak eksekutif menyeleksi kegiatan skala proritas dengan kesepakatan untuk penambahan belanja daerah pada anggaran perubahan 2019 sekitar Rp.45  miliar yang di dalamnya termasuk dana pinjaman sekitar  Rp 25 miliar.

Baca Juga :  Jaga Imun Tubuh, Anggota Satgas TMMD Sempatkan Untuk Berolahraga

“Tapi itulah yang terjadi, bila tidak hati hati atau asal tanda tangan, maka kami DPRD akan ditipu oleh eksekutif,” terangnya.

Ketua DPC PDIP Barsel itu juga menambahkan, dengan pengalaman tersebut dirinya berharap kedepan akan diperbaiki cara pembahasan APBD yang lebih baik lagi, sehingga tidak ada dusta lagi antara Eksekutif dan legislatif.

“Karena memang selama ini mekanismenya,  saya perhatikan banyak yang di sembunyikan atau di kaburkan, sehingga pihak legeslatif terkecoh,” tungkasnya. (rif)

Share :

Baca Juga

Barito

Tragis, Sopir Truk Ditemukan Tewas di Kebun Sawit 

Barito

Preman Kampung Main Parang, Tumbang Didor Polisi

Barito

Keterlibatan Generasi Milenial Dalam Kegiatan TMMD Sangat Penting

Barito

TMMD Siasat Pertahanan Dari Desa

Barito

Pemkab Barsel Diminta Perhatikan Kesejahteraan Guru Non PNS

Barito

Tetapkan DPTHP, KPUD Barsel Gelar Rapat Pleno Terbuka

Barito

Empat Kader Demokrat Barsel Dituntut 1,6 Tahun Penjara

Barito

Warga Layung Habang Merasa Terbantu Adanya Jalan TMMD