Prihatin Kasus Asusila, Dewan Dorong KLA Diperkuat

Anggota DPRD Mura Maria Hetty

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Murung Raya (Mura) Maria Hetty prihatin dengan terjadinya kasus asusila terhadap anak dibawah umur belakangan terakhir.

Karena itu ia mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura agar memperkuat penerapan Kabupaten Kota Layak Anak (KLA) di Kabupaten Mura. Sehingga kepedulian terhadap anak bisa ditingkatkan.

“Prihatin dengan kasus asusila terhadap anak dibawah umur, terlebih lagi masih pelajar. Ini harus disikapi pemerintah daerah, agar lebih peduli terhadap anak dengan mendepankan penerapan melalui Perda KLA di Kabupaten Mura. Apalagi saat ini disebut penerapan KLA di Kabupaten Mura ini tergolong rendah dibandingkan daerah lainya,” ungkap Maria akhir pekan ini.

Menurutnya, penerapan Perda KLA ini diperlukan agar bertujuan memberikan perlindungan terhadap anak yang ada di Kabupaten Mura. Sehingga pemda berkewajiban memberikan rasa nyaman dan aman bagi anak dibawah umur.

” Kepada Dinas terkait dalam hal ini Dinas P3A – P2KB harus gencar sosialisasi kepada masyarakat terutama masyarakat pedesaan, karena jika masyarakat mengetahui ada dua produk hukum tentang Perlindungan Anak maka kasus itu tidak akan terjadi,” tandasnya. (an/hm)