Polres Palangka Raya Tetapkan 6 Tersangka Karhutla

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar saat memberikan keterangan kepada awak media, saat press release di Mapolres Jumat (13/9/2019) sore.

PALANGKA RAYA,KaltengEkspres.com – Selama terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) beberapa bulan terakhir ini, jajaran Polres Palangka Raya sudah menangani sebanyak 68 kasus. Dalam penanganan kasus ini, pihaknya menetapkan 6 orang pelaku menjadi tersangka karhutla.

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar mengatakan, keenam pelaku ini telah ditetapkan sebagai tersangka karena terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan.

“Para tersangka ini kita kenakan pasal 187 KUHP tentang pembakaran lahan serta dikenakan Undang-undang Lingkungan Hidup,”ungkap Timbul saat menggelar pers rilis bersama media, Jumat (13/9/2019) sore.

Dari tangan para pelaku petugas berhasil menyita beberapa barang bukti yang digunakan untuk melakukan pembakaran berupa, botol minyak,korek api,parang,dan kayu bekas bakaran.

Sementara itu lanjut Timbul, pengakuan dari beberapa pelaku ini mengaku tidak sengaja membakar saat membersihkan lahan dan satu diantaranya mengaku cuma di suruh.

“Dari 68 TKP lahan seluas 150 hektar ini sudah kita kasih garis polisi dan jika menemukan pembakar lahan langsung laporkan ke pihak kepolisian,” tandasnya. (am)