Polres Katingan Tetapkan Satu Tersangka Korupsi

Anggota Tipikor Polres Katingan menahan oknum tersangka Kamis (26/9).

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Katingan menetapkan satu orang tersangka dalam kasus korupsi penimbunan Jalan Desa Asem Kumbang, Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan. Tersangka berinisial KE (35) ini dijerat pidana karena diduga telah menyalagunakan anggaran APBDes dalam pelaksanaan proyek penimbunan jalan desa.

“KE dijadikan tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan APBDes penimbunan jalan desa senilai Rp250 juta dengan kerugian negara sejumlah Rp192 juta pada tahun 2017 lalu,” kata Kapolres Katingan AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting, S.I.K., ketika dikonfirmasi, Jum’at (27/9/2019).

Selain menetapkan KE sebagai tersangka, pihaknya juga akan melakukan pengembangan lebih lanjut terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan APBDes.

“Akan kami lakukan pengembangan lebih lanjut terkait kasus ini, yaitu dengan memeriksan saksi-saksi lainnya,” ujar Dharma Ginting.

Menurut Kapolres, tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru, karena semuanya masih dalam proses tahap penyidikan Satreskrim Polres Katingan. Atas perbuatannya, KE disangkakan dengan pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun.

“Saat ini kami sudah mengamankan barang bukti berupa rencana pengguna anggaran 2017 serta LPJ Keuangan APBDes Asem Kumbang TA. 2017,” tandasnya. (ejk)