Polres Katingan Ekspos 9 Pelaku Karhutla

Kapolres Katingan AKBP E. Dharma Bahagia Ginting saat memperlihatkan barbuk dan tersangka saat ekspos kasus karhutla di Mapolres Katingan Senin (23/9/2019).

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Polisi Resort (Polres) Katingan merilis kasus penangkapan sembilan orang tersangka pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Katingan.  Sembilan tersangka tersebut yakni, JL (54), AR (36), ARD (40), YR (57), YS (62) , MS (54), SS (31), MN (24) dan MR (47).

Kapolres Katingan AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting  didampingin Kabag Ops Kompol Arifin dan Kasat Reskrim Lajun Sianturi mengatakan, sembilan kasus, tiga diantaranya sudah selesai.

“Dari Sembilan kasus, sudah ada tiga kasus yang sudah selesai serta sudah dilakukan ke tahap dua yaitu ke unsur peradilan umum,” ungkap Kapolres saat konferensi pers kepada awak media, Senin (23/9/2019).

Sementara itu untuk enam kasus yang sama, lanjut dia, masih dalam tahapan proses penyidikan lebih lanjut. Kemudian rincian dari kasus yang telah ditangani yaitu, Polres 2 kasus (selesai), kemudian Polsek Katingan Tengah 1 kasus (selesai), Polsek Sanaman Mantikei 2 kasus, Polsek Tewang Sanggalang Garing 2 kasus, Polsek Tasik Payawan 1 kasus dan Polsek Katingan Kuala 1 kasus.

“Secara keseluruhan luasan lahan atau hutan yang dibakar seluas kurang lebih 8,2 Ha,”ucap Kapolres.

“Para tersangka ini dengan sengaja membuka/membersihkan lahan milik pribadi dengan tujuan untuk berkebun/berladang, dengan cara setelah kayu, dahan, ranting atau rumput sudah kering, kemudian dibakar tanpa ada menyiapkan peralatan pemadam kebakaran,” tambahnya lagi,

Dari para pelaku ini diamankan beberapa barang bukti  yaitu korek api serta ember yang berisikan solar untuk melakukan pembakaran lahan.

“Para tersangka ini dijerat dengan pasal 187 atau pasal 188 KUHP  atau pasal 25 ayat (1) peraturan Gubernur Kalteng nomor 5 tahun 2005, tentang pengendalian karhutla,”tandasnya. (ejk)