Peningkatan Infrastruktur Kobar Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat menandatangani penyerahan hibah ruas jalan penghubung antar desa beberapa bulan lalu.

PANGKALAN BUN – Selama tiga tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) telah mengenjot pembangunan infrastruktur daerah. Tak hanya infrastruktur ruas jalan dan jembatan, melainkan juga wisatanya.,

Bahkan, kini keberadaan infrastruktur ruas jalan tersebut telah dimanfaatkan masyarakat khususnya yang tinggal di daerah pelosok desa seperti di Kecamatan Arut Utara (Aruta), karena telah memudahkan akses mereka ketika bepergian ke pusat Kota Pangkalan Bun. Sehingga secara otomatis berdampak mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat baik yang berada di pelosok desa maupun perkotaan.

Pada masa pemerintahan Bupati Hj Nurhidayah, pembangunan infrastruktur telah ditingkatkan, seperti jalan penghubung antar desa di Kecamatan Aruta dan Kecamatan Pangkalan Banteng menuju Kumai Seberang. Akses ruas jalan penghubung antar desa tiga kecamatan itu dua tahun lalu telah dibangun melalui pola kerjasama konsorsium dengan beberapa pihak perusahaan setempat.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat mengikuti groundbreaking pembangunan jembatan Desa Umpang belum lama ini.

“Alhamdulillah, pola kerjasama ini telah membuahkan hasil,dengan terbukanya akses ruas jalan penghubung antar desa di Kecamatan Aruta. Kemudian juga jalan tembus dari Kecamatan Pangkalan Banteng menuju Kumai Seberang Kecamatan Kumai,” kata Nurhidayah.

Sedangkan untuk jembatan, tahun ini pihaknya membangun di Desa Umpang. Pembangunan infrastruktur jembatan ini dianggarkan sebagian dari dana konsorsium pihak perusahaan, selebihnya bersumber dari APBD Pemkab Kobar.

“Upaya peningkatan pembangunan infrastruktur daerah ini kita lakukan selain untuk mendorong kenyamanan pelayanan publik dan pemerataan hasil pembangunan daerah, juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, baik yang berada diperkotaan dan perdesaan khususnya daerah pelosok. Karena kita ingin ke depan, tidak ada lagi masyarakat Kobar yang kesulitan akses ruas jalan menuju pusat Kota Pangkalan Bun. Sehingga ekonomi masyarakat bisa tumbuh dengan baik,”ujar Nurhidayah.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah dan suami H Ruslan saat meninjau objek wisata WFC di Kelurahan Mendawai.

Tak hanya disektor infrastruktur jalan dan jembatan, sejak dua tahun ini pihaknya juga gencar mengenjot infrastruktur wisata Kabupaten Kobar. Seperti pembangunan infrastruktur wisata di lokasi Water Front City (WFC) di Kelurahan Mendawai dan Pantai Kubu Kecamatan Kumai, kemudian bekerjasama dengan pihak desa dan kelurahan untuk pengembangan wisata lokal, diantaranya wisata alam Jurung Tiga di Desa Pasir Panjang dan wisata kuliner melalui pasar malam yang disebut Begoyap Night Market di Kelurahan Raja.

Baca Juga :  Mantap!! Satpol Bongkar Pabrik Miras di Kecamatan Kolam

“Pembangunan objek wisata ini guna mengakomodir dan menghidupkan ekonomi masyarakat Kobar. Khususnya bagi kalangan pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sehingga mereka bisa memilik tempat usaha. Disamping itu masyarakat bisa melakukan aktivitas jual-beli sambil bersantai akhir pekan,”paparnya.

Nurhidayah berkomitmen ke depan, upaya peningkatan infrastruktur terus dilakukan. Khususnya disektor pariwisata yang ada di Kabupaten Kobar. Hal ini bertujuan agar ekonomi masyarakat bisa tumbuh maju. Karena terbukti lanjut dia, sejak disentuhnya pembangunan di objek wisata baru, ekonomi masyarakat mulai tumbuh, terutama disektor dagangan kuliner dan lain-lainnya.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah dan suami H Ruslan AS saat mengunjungi wisata alam Jurung Tiga di Desa Pasir Panjang.

Sementara itu Plt Kepala Dinas PUPR Kobar Juni Gultom mengatakan, selama tiga tahun terakhir sesuai arahan Bupati, pihaknya telah melakukan berbagai program pembangunan infrastruktur dalam rangka mempercepat pemerataan pembangunan di Kabupaten Kobar.

Seperti pembangunan infrastruktur akses ruas jalan penghubung antar desa di Kecamatan Aruta dan Pangkalan Banteng tembus Kumai Sebarang melalui pola kerjasama konsorsium dengan pihak perusahaan. Kemudian, melakukan pelebaran ruas jalan pusat Kecamatan Pangkalan Banteng dan sejumlah desa.

“Kita juga melakukan penataan jalan di daerah wisata. Seperti wisata di Desa Kubu, penataan jalan di pusat ekonomi Kota Kumai dengan pertimbangan teknis dan tak lupa memperhatikan estetika kota. Seperti di Bundaran Kumai yang dibagun lampu hias sehingga bercahaya pada malam hari, kemudian pembangunan siring di lokasi WFC,” ungkap Juni Gultom.

Juni menjelaskan, percepatan dan perbaikan infrastruktur daerah ini sebagai bentuk nyata pelaksaan program pembangunan yang dilakukan Dinas PUPR Kobar selama kepemimpinan Bupati Kobar Hj Nurhidayah. Pembangunan ini juga, tidak hanya mendorong pada membangun jalan semata, melainkan juga ditambah hiasan untuk memperindah estetika dalam kota.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah bersama sejumlah kepala SOPD saat meresmikan Begoyap Night Market baru-baru ini.

“Kita berharap upaya percepatan dan perbaikan pembangunan infrastruktur baik dalam maupun diluar kota khususnya di kecamatan dan desa bisa didukung masyarakat. Sehingga pembangunannya dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” tandas Juni.

Baca Juga :  Bupati Peringatkan ASDP Agar Jual Tiket Sistem Online

Senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kobar Wahyudi. Menurut dia, adanya peningkatan infrastruktur daerah seperti ruas jalan akses masyarakat, memiliki kontribusi dalam menunjang jumlah pengunjung wisata. Karena para pengunjung wisata saat ini tak hanya dari dalam kota saja melainkan juga dari pedesaan.

Kondisi ini lanjut dia, sangat positif sekali bagi pembangunan ekonomi Kobar ke depan terutama disektor wisatanya. Lantaran setidaknya dengan didukung infrastruktur, jumlah pengunjung semakin meningkat dari tahun ke tahun.

“Apalagi saat ini Pemkab Kobar terus berbenah melakukan pengembangan wisata daerah. Ini supaya menjadi daya tarik pengunjung. Sehingga secara otomatis keberadaan wisata ini berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ucap Wahyudi. (adv)